5 Rekomendasi Tempat Wisata Keren di Kota Tanjungpinang

Irvan Noor

Batam - Kota Tanjungpinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan (Kepri). Kota ini terletak di Pulau Bintan dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat.
Selain menjadi pusat pemerintahan, Kota Tanjungpinang itu sendiri memiliki berbagai sejarah kebudayaan dan tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Selain sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri, dulunya Kota Tanjungpinang ini pernah menjadi Ibu Kota Provinsi Riau sebelum dipindahkan ke Kota Pekanbaru.


Kota Tanjungpinang memiliki destinasi wisata yang beragam, mulai dari wisata sejarah hingga wisata kuliner yang menggugah selera.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Tanjungpinang.

1. Pulau Penyengat
Pulau Penyengat atau Pulau Penyengat Inderasakti merupakan sebuah pulau kecil tidak jauh dari Kota Tanjung Pinang. Pulau penyengat ini memiliki nilai sejarah cukup tinggi.

Pulau penyengat berukuran panjang 2.000 meter dan lebar 850 meter. Pulau ini dapat ditempuh dari Kota Tanjung Pinang menggunakan perahu kecil bermotor atau pompon. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit.

Saat sampai di Pulau Penyengat terdapat bisa mengunjungi berbagai peninggalan bersejarah seperti Masjid Raya Sultan Riau, Istana Engku Bilik, Balai Adat Melayu, makam-makam para Raja dari Kerajaan Johor-Riau-Lingga.

Kemudian ada juga makam dari pahlawan nasional di bidang bahasa yaitu Raja Ali Haji, Gedung Tabib, kompleks Istana, kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi. Selain itu di Pulau Penyengat juga bisa menikmati berbagai kuliner yang dijual masyarakat sekitar.

Baca juga:
Jembatan Barelang, Destinasi Wisata Ikonik di Kota Batam
2. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau biasa disebut dengan Vihara 1.000 Patung atau Vihara 1.000 Wajah.

Vihara ini dibangun sejak 2008 dan baru diresmikan pada Februari 2017 lalu. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva terletak di Jalan Asia Afrika KM 14, Tanjungpinang.

Vihara ini menjadi tempat persembahyangan umat Buddha sekaligus tujuan wisata religi di Kota Tanjungpinang. Pengunjung tempat tersebut tidak hanya masyarakat beragama Budha namun dikunjungi berbagai lapisan masyarakat karena keunikan dan memiliki spot foto yang cukup bagus.

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva tergolong sebagai salah satu vihara terbesar se-Asia Tenggara. Pemahat patung-patung di vihara ini merupakan seniman asli dari Tiongkok. Tampilan luar begitu megah dengan gapura batu beraksen Tiongkok. Di bagian depan, berdiri kokoh sebuah patung berukuran raksasa.

Tembok di belakangnya dibuat menyerupai benteng. Di atasnya, terdapat pagoda yang juga beraksen Tiongkok. Meski namanya "Vihara Patung Seribu", namun, jumlah patungnya sebenarnya tidak genap seribu, namun jumlahnya memanglah banyak.

Vihara ini dibuka setiap hari kecuali hari Rabu karena digunakan untuk sembahyang. Dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB Pengunjung yang masuk tidak dipungut biaya selain biaya parkir.

3. Tugu Gonggong Legenda
Tugu Gonggong Legenda merupakan Salah satu bangunan ikonik di Kota Tanjungpinang. Bentuknya yang cukup unik diambil dari salah satu biota laut yang sering dikonsumsi dan menjadi salah satu makanan khas kepulauan Riau.

Gedung Gonggong Legenda sendiri berada di Jalan Hang Tuah, Kota Tanjungpinang atau tepatnya berada di kawasan Laman Boenda, tepi laut Kota Tanjungpinang.

Selain Gonggong di kawasan tersebut terdapat Tugu Daun Sirih Emas. Lokasi tersebut biasanya mulai ramai dikunjungi warga sekitar pada sore hari. Selain itu tak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat banyak pusat kuliner.

Dari Gedung Gonggong juga kita dapat melihat pulau penyengat sehingga menambah pemandangan di lokasi tersebut.

4. Trans Studio Garden Tanjungpinang
Trans Studio Garden (TSG) Tanjungpinang merupakan tempat wisata baru yang menyuguhkan berbagai wahana permainan.
TSG merupakan taman hiburan yang berada di belakang Hotel Aston Tanjungpinang. Wahana rekreasi seluas 1,7 hektar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas permainan yang cocok dinikmati berbagai kalangan usia.

Saat berkunjung ke TSG, pengunjung bisa menikmati permainan seperti game center yang terdiri dari 73 mesin game. Lalu ada juga fasilitas outbond yang di dalamnya terdapat flying fox, net climbing, net bridge, sky climbing, tire bridge, hanging bridge, dan bamboo balance.


Pada TSG terdapat wahana seru lainnya seperti ferris wheel, happy swing, minitrain, driving school, sky rider, poison tower, dan sepeda air. Selain itu, ada pula wahana Jurassic Adventure, di mana kamu bisa menikmati petualangan bersama dinosaurus.

Hal menarik lainnya dari TSG adalah adanya berbagai taman yang cocok dinikmati sambil bersantai. Taman-taman ini menyuguhkan pemandangan bunga dan tanaman cantik. Suasananya semakin asri dengan kehadiran air terjun di sana.

Trans Studio Garden sendiri resmi dibuka pada November 2021 lalu. Untuk masuk ke TSG bisa dengan membeli tiket masuk sebesar Rp 15.000 untuk hari biasa dan Rp 25.000 untuk akhir pekan.

Untuk jam operasional sendiri hari biasanya buka mulai pukul 13.00-21.00 WIB. Sabtu pukul 10.00- 22.00 WIB dan Minggu buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

5. Akau Potong Lembu
Menjelajah destinasi wisata di Kota Tanjungpinang kurang lengkap jika tidak menikmati kuliner di salah satu pusat kuliner di Kota Tanjung Pinang yakni Akau Potong Lembu.

Sebutan potong lembu itu sudah ada sejak tahun 1960-an karena memang di daerah itu tadinya ada rumah jagal pemotongan lembu di Tanjungpinang.

Berawal ketika masa konfrontasi, Tanjungpinang putus hubungan dengan Malaysia dan Singapura. Angkatan Laut di Tanjung Pinang untuk memenuhi kebutuhan daging sapi harus mengambil sapi dari Madura. Sapi dan lembu disimpan dan dipotong di Jalan Potong Lembu ini.

Sedangkan nama Akau diambil dari nama seorang Tionghoa, biasa disapa A-kau, penjual kopi tiam awal tahun 60-an. Seduhan kopi A-kau ini terkenal enak di kalangan pecinta kopi di zaman itu, sehingga membuat nama tempat tersebut semakin populer.

Pada tempat tersebut terdapat berbagai pilihan penjual dengan ragam menu makanan khas Nusantara hingga Chinese food juga dapat dinikmati di Akau Potong Lembu.

Ciri khas dari Akau Potong Lembu adalah sajian makanannya yang segar, terutama untuk golongan seafood, seperti sup ikan, cumi-cumi, ikan bakar, serta gonggong.

Selain itu tersedia juga makanan lain seperti mie lendir, nasi goreng terasi, eking-eking, mie miskin, dan lain-lain. Berbagai jenis minuman yang ada seperti kopi O, teh obeng, cendol dan masih banyak lagi.

Editor: Anindita Sekar

artikel terbaru