Bandara Hang Nadim Batam Mulai Dipadati Penumpang Mudik Nataru

Gethya Nabilla

Arus penumpang mudik Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru) mulai meningkat di Bandara Hang Nadim, Batam. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi dua kali yakni sebelum natal dan tahun baru dengan perkiraan penumpang mencapai 15.000 orang.

"Arus puncak untuk periode mudik Nataru ada empat kali, dua kali arus puncak mudik yaitu tanggal 23 dan 30 Desember dan arus balik dua kali yaitu tanggal 26 Desember dan tanggal 3 Januari 2023. Perkiraan orang yang melintas di bandara pada saat nataru rata-rata per hari mencapai 15.000," kata Direktur Operasional BIB, Nugroho Jati.

Data dari Bandara Hang Nadim Batam, saat ini penumpang yang melintas mulai alami peningkatan. Untuk perharinya sekitar 9.000 akumulasi kedatangan dan keberangkatan orang yang melintas.

"Untuk rata-rata harian sekarang itu sekitar 9.000. rincian di kedatangan 4.500 orang dan di keberangkatan rata-rata 4500 orang. Prediksi kami menjelang libur nanti itu sekitar 13 persen (peningkatan), jadi sekitar 11.000 per harinya dan pada hari puncak sekitar 15 ribu," jelasnya.

Antisipasi keamanan saat mudik Nataru Juga mulai dipersiapkan Bandara Hang Nadim Batam. Mulai Senin (19/12/2022) Posko Nataru mulai disiagakan di terminal keberangkatan.

"Tadi baru apel kesiapan untuk posko Nataru bersama stakeholder terkait. Seperti TNI AU, Polsek Bandara, KKP, Bea Cukai dan Basarnas," ujarnya.

Bandara Hang Nadim sendiri mengerahkan 150 orang untuk pengamanan masa angkutan Nataru. Nantinya setiap instansi terkait juga akan mengirimkan 10 orang perwakilan.

"Posko Nataru ini sebagai posko terpadu, posko keamanan, posko kesehatan dan posko pelayanan. Masyarakat yang akan melakukan perjalanan bisa mengakses informasi di Posko Nataru ini," ujarnya.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan mengatakan pihaknya akan membantu pengamanan di Bandara Hang Nadim Batam saat Nataru. Ia meminta masyarakat bersabar jika terjadi penumpukan di terminal keberangkatan.

"Kami mendukung kegiatan posko Nataru ini sehingga dapat melayani masyarakat yang melaksanakan mudik atau balik dengan nyaman dan lancar serta aman. Jadi meskipun lancar tapi tidak aman, itu akan merugikan kita semua. Saya juga mengimbau kepada seluruh pengguna bandara agar memahami saat mudik, karena penumpukan itu pasti terjadi dan masyarakat mohon bersabar dengan keadaan itu," ujarnya.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru