Bawaslu Karimun Ajak Masyarakat Aktif Awasi Tahapan Pemilu 2024

Cristian Greitfal Malok

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), terus mendorong peran masyarakat dalam pengawasan terhadap jalannya tahapan pemilu 2024 mendatang.

Oleh karena itu, Bawaslu menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada organisasi-organisasi kemasyarakatan di Karimun.

Sehingga, selama tahapan pemilu nantinya, Bawaslu dan masyarakat dapat bersama-sama mengawal proses Pemilu 2024 yang telah dimulai sejak tahun 2022.

"Ini bukan akhir, dan akan terus berlanjut, karena kedepannya potensi persoalan dalam Pemilu sangat besar. Sehingga, kegiatan ini merupakan salah satu cara Bawaslu untuk meningkatkan peranan masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya proses pemilu," kata Ketua Bawaslu Karimun, Nurhidayat.

Dilanjutkannya, peranan masyarakat untuk bersama mengawal jalannya pesta demokrasi pada Pemilu 2024 sangat dibutuhkan. Ia tidak ingin, pengawasan terhadap jalannya proses demokrasi hanya dilakukan antara Parpol peserta Pemilu, melainkan murni dari masyarakat.

"Apabila yang melapor hanya antara partai, maka partisipatif masyarakat dalam mengawal jalannya demokrasi tidak berjalan, karena tidak murni lansung dari masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, tingkat partisipatif masyarakat dalam pengawasan Pemilu cukup tinggi dan harapannya pada 2024 mendatang.

"Semakin meningkat dibandingkan Pemilu 2019, dan harapan kita masyarakat bisa semakin masif kedepannya pada 2024. Hal itu akan dibuktikan dengan banyaknya laporan atas pelanggaran Pemilu nanti," katanya.

artikel terbaru