Waspada, BMKG Sebut Gelombang Laut di Karimun dan Anambas Tinggi

Wulandari Astiani

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan gelombang laut tinggi akan melanda dua kabupaten di Kepulauan Riau (Kepri). Untuk itu, BMKG mengingatkan pengguna transportasi mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi menyebabkan gelombang tinggi di laut.

"Ada dua daerah yang gelombang air lautnya cukup tinggi hari ini yaitu wilayah perairan Karimun dan Kepulauan Anambas," ujar Forecaster On Duty BMKG Batam, Fitri Annisa.

Pihaknya mengimbau untuk masyarakat kepulauan Riau yang hendak berpergian menggunakan jalur laut ke wilayah tersebut agar selalu waspada.

"Waspada gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1.5 meter di perairan itu," kata dia.

Sementara itu untuk gelombang di perairan Batam diprediksi tidak setinggi di Karimun dan Anambas. Ketinggian gelombang laut hanya mencapai 0.5 hingga 1.25 meter saja.

Sedangkan untuk cuaca di Kepulauan Riau, BMKG menyebut adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan kilat atau petir.

Pemicunya adalah konvergensi massa udara yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan. Sehingga secara umum cuaca hari ini diprakirakan berawan dan berpeluang hujan.

"Juga akan terjadi angin kencang pada pagi, siang, malam dan dini hari," pungkasnya.

Editor: Pangestu Abi

artikel terbaru