SMAN 1 Singkep Beri Dukungan Penuh kepada Tiga Siswa yang Ikuti Olimpiade MEDSPIN 2022

Gethya Nabilla

Tiga orang siswa-siswi SMA Negeri 1 Singkep mendapat kesempatan mengikuti Quarterfinalis Olimpiade Internasional Medical Science and Application Competition (MEDSPIN) yang diadakan di kampus UNAIR, Surabaya. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 2-4 Desember 2022.

Olimpiade Internasional Medical Science and Application Competition atau yang disingkat MEDSPIN merupakan program lomba ilmiah science aplikatif dibidang kedokteran yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga Surabaya.

Dari proses uji kompetisi MEDSPIN yang diikuti ribuan tim lomba, tim SMA Negeri 1 Singkep termasuk 150 tim peserta yang masuk ke Quarterfinalis.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singkep, Lexminander, S.Pd. memberikan apresiasi dan motivasi serta dukungan penuh kepada siswa-siswi yang mempunyai potensi baik secara akademik maupun non akademik. Hal ini disampaikan saat melepas Tim Lomba yang direncanakan tanggal 2 Desember 2022 berangkat ke Surabaya.

“Alhamdulillah, Siswa/i SMA Negeri 1 Singkep atas Nama Muhammad Daffa Al-Ghaffar, Laras Devikaduri, dan Aidillia Yanhaz menjadi perwakilan dari Provinsi Kepulauan Riau yang melaju ke tahap Quarterfinal dan menjadi 150 TIM yang berangkat ke Surabaya, Jawa Timur untuk bertanding ke tahap selanjutnya,” ujarnya.

Dia menyampaikan, seleksi dari Babak Penyisihan sebelumnya, sekitar ribuan TIM yang mengikuti. Tetapi, hanya 150 tim saja yang terpilih dan melaju ke babak Quarterfinalists.

“SMA Negeri 1 Singkep peringkat pertama di Provinsi Kepulauan Riau dan satu-satunya SMA di Kepri yang masuk sebagai Quarterfinalis pada 150 Tim tersebut. Hal ini tentu sangat membanggakan Sekolah,” katanya.

Dia menambahkan, sebagai bentuk motivasi dan support kepada siswa siswi yang berprestasi maka sekolah memberangkatkan tim lomba untuk mengikuti Quarterfinalists di Surabaya.

“Semoga apa yang sekolah berikan ini jadi motivasi kepada siswa yang lainnya,” harapnya.

Salah satu siswa SMAN 1 Singkep, Laras mengatakan, mekanisme ujian penyisihan tersebut dengan mengerjakan 100 soal pilihan ganda yang dilaksanakan 20 November 2022 lalu.

“Dan Quarterfinal pada 3 Desember 2022. Tim kita lolos sebagai top 150 tim dari 10.000 lebih tim yang bertanding,” ujarnya.

Diketahui, Olimpiade MEDSPIN (Medical Science and Application Competition for High School Students Faculty of Medicine Universitas Airlangga) 2022 FK UNAIR diikuti Tim Lomba SMA Negeri 1 Singkep melalui beberapa tahapan panjang dimulai dari babak Penyisihan yang dilakukan secara online di sekolah yang dilanjutkan babak quarterfinal di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya.

Editor: Ebim Antoni

artikel terbaru