Tanpa Campur Tangan Pemerintah, Warga Sekop Swadaya Bangun Gedung PAUD

Jahziel

Melalui dana swadaya dari masyarakat, Warga di RW 004, Sekop Laut, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, membangun sendiri gedung PAUD diwilayahnya.

Rencana pembangunan yang murni menggunakan dana swadaya masyarakat ini baru dimulai di wilayah tersebut.

“Iya, kami baru mulai membangun untuk gedung PAUD di wilayah kami yang dananya dari swadaya masyarakat, kita mulai hari ini,” kata Iwan warga setempat.

Untuk mewujudkan gedung PAUD dengan luas 12×6 meter ini diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar 80 juta sampai selesai.

“Pengerjaanya sendiri dilaksanakan dengan sistem gotong royong, Alhamdulillah sebagian material masih dapat kita beli secara gotong royong juga,” jelasnya.

Ketika ditanya apakan pembangunan ini nantinya akan melibatkan pemerintah daerah, Iwan menyampaikan sampai saat memang belum ada niatan ke arah itu.

“Sementara tanggapan dan dari kita juga belum ada untuk merapat kepemerintahan. Kalau diusulkan nanti untuk dianggarkan entah kapan dibangunnya, ujung- ujungnya tahun 2024 baru terealisasi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, gedung PAUD ini nanti setelah siap rencananya akan dipergunakan oleh anak-anak pendidikan usia dini di wilayah ini.

“Selama ini memang di lokasi tersebut belum tersedia fasilitas untuk pendidikan anak-anak PAUD. Sehingga anak-anak harus menumpang bersekolah PAUD di Kelurahan Dabo Lama,” tuturnya.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru