Kunker ke Lingga, Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Mubaligh dan Hibah di Dua Lokasi

Gethya Nabilla

Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad kembali melakukan kunjungan kerja ke berbagai wilayah di Provinsi Kepulauan Riau. Kali ini  kunjungan kerja dilanjutkan ke Kabupaten Lingga dengan agenda penyerahan bantuan mubaligh dan hibah dari Pemprov Kepri.

Sampai menjelang siang, dua lokasi disambangi Gubernur Ansar di Lingga guna menyerahkan bantuan dan hibah dimaksud, yang pertama di Balai Pertemuan Kecamatan Senayang kemudian dilanjutkan di Aula Kantor Bupati Lingga, Daik.

Seperti kabupaten kota lain yang telah diserahkan bantuan hibah mubaligh oleh Gubernur Ansar, di Lingga Pemprov Kepri juga menyasar Guru pendidikan keagamaan non formal, penyuluh agama Islam non PNS dan pemuka agama tetap pada rumah ibadah.

Adapun Bantuan berupa insentif dana yang diberikan kepada Tim Pembinaan dan Pengawasan Keagamaan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau dengan Total Anggaran mencapai Rp8 miliar untuk 8000 Penerima. Sementara Jumlah penerima di Kabupaten Lingga sendiri yaitu sebanyak 613 Penerima dan untuk kecamatan senayang diberikan kepada 90 orang.

Baca juga: Personel Polsek Singkep Barat Lakukan Pengamanan Penyaluran BLT DD Desa Bakong

Selain itu diserahkan juga, bantuan Hibah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan yaitu  bantuan Kawat Bubu sebanyak 30 Gulung untuk 30 Orang di Kecamatan Senayang.

Sementara itu di Aula Kantor Bupati Lingga Daik, Gubernur Ansar menyerahkan secara simbolis, Bantuan Hibah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau berupa Oven Bilis sebanyak 9 Unit untuk 9 Kelompok, Freezer sebanyak 1 Unit untuk 1 Kelompok, Jaring Udang sebanyak 110 Pcs untuk 22 Orang dan Asuransi BPJS Nelayan untuk 5 Orang Nelayan.

Kemudian Bantuan Hibah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan KB, berupa Alat Bantu Disabilitas berupa Kursi Roda (while chair) sebanyak 2 Unit, Alat Bantu Dengar sebanyak 14 Unit, Tongkat Kruk Ketiak sepasang sebanyak 2 Unit, Tongkat Lipat Tuna Netra sebanyak 3 Unit dan paket Natura sebanyak 21 Unit.

Ditambah lagi Bantuan Hibah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan berupa, Peralatan Perdagangan Coolbox sebanyak 30 unit untuk Pelaku Perdagangan Pasar Kab.Lingga, Peralatan Pengolahan Sagu sebanyak 1 Set untuk Desa Narekeh (Lingga).

Terakhir bantuan Hibah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Koperasi dan UMKM (yang juga merupakan Usulan Program dari Hj. Dewi Kumalasari, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri), berupa, Sepeda Motor Roda Tiga Merk Viar sebanyak 2 Unit, Koperasi Trans Lingga Jaya Kabupaten Lingga

Dalam sambutannya Gubernur Ansar menyampaikan beberapa program strategis Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau diantaranya Pengiriman Muballigh Hinterland sebanyak 50 orang dengan anggaran yang mencapai Rp2,5 miliar untuk ditempatkan di daerah-daerah pesisir, pulau terpencil serta melakukan pendataan masjid/mushollah yang perlu renovasi dan pembangunan.

“Jadi para muballigh ini sengaja kita tempatkan di daerah hinterland, kita berikan insentif Rp4,3 juta, tinggal dan menetap untuk menjaga keteguhan  iman serta menjaga optimisme masyarakat ditengah kesulitan agar selalu mengingat Allah yang selalu memberikan jalan keluar setiap masalah,” ucapnya.

Bantuan lainnya, ungkap Gubernur Ansar berupa bantuan Hibah kepada Rumah Ibadah di 7 Kabupaten/Kota dengan Total Anggaran Rp75,9 miliar, dan Jumlah Penerima di Kabupaten Lingga sebanyak 53 Penerima Rumah Ibadah dengan anggaran mencapai Rp4,4 miliar dari Total Jumlah Rumah Ibadah yang ada sebanyak 318 Rumah Ibadah, yang artinya 16,6 persen dari total jumlah Rumah Ibadah yang ada telah dibantu oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Bantuan untuk rumah Ibadah seperti ini akan kita terus prioritaskan pada tahun-tahun mendatang, termasuk masjid di senayang ini akan kita cek kembali jika memerlukan perbaikan dan renovasi. Selain bantuan tersebut tahun depan juga jenis bantuan lain juga sedang disusun agar bisa diberikan juga kepada para pengurus LPM, BPD serta kepada guru-guru PAUD dengan tujuan memberikan rangsangan dan semangat agar bisa bersama pemerintah bahu membahu membuat Kepri lebih baik lagi,” ungkap Gubernur Ansar.

Sementara untuk Pembangunan lainnya, Gubernur Ansar mengungkapkan  saat ini telah dilakukan Pembangunan 77 Base Transceiver Station (BTS) sebagai penguatan jaringan daerah terluar dan terdepan serta sarana pendukung dalam percepatan transformasi digital dan untuk di wilayah Kabupaten Lingga terdapat 28 titik BTS yang tersebar di Kecamatan Lingga Timur, Lingga Utara, Lingga, Selayar, Senayang, Singkep Barat dan Singkep Selatan.

Kemudian pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kabupaten Lingga Tahun 2022 dengan anggaran sekitar Rp26,5 miliar, Revitaliasasi masjid Jami Lingga serta melalui Program Kepri Terang yang sudah merealisasikan penyambungan listrik bagi rumah penduduk miskin sebanyak 5.499 unit. Untuk di Kabupaten Lingga realisasi penyambungan listrik bagi rumah penduduk miskin sebanyak 1.563 unit (28,42% Program Kepri Terang dari total realisasi se-Provinsi Kepulauan Riau.

“Tahun depan juga kita sudah anggarkan untuk Kabupaten Lingga yaitu pembangunan rumah untuk suku laut dengan anggaran Rp 7 Miliar untuk 200 rumah dengan nilai 35 juta per rumah, serta pengadaan speedboat khusus untuk masyarakat guna pengobatan yang memerlukan penanganan cepat ke Rumah sakit,” katanya.

Selanjutnya kepada para penerima Bantuan Gubernur Ansar berpesan agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik dan banyak bersyukur atas berbagai anugerah dari Allah SWT.

“Kepada penerima bantuan khususnya guru pendidikan keagamaan non formal, penyuluh agama Islam non PNS dan pemuka agama tetap pada rumah ibadah tetap semangat, kita terus dorong agar bantuan seperti ini akan dilanjutkan ke tahun-tahun mendatang,” tutup Gubernur.

Turut hadir pada kesempatan ini Kajati Kepri Gerry Yasid, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepri yang juga Ketua TP PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari, Anggota DPRD Kepri Hanafi Ekra, Anggota Tim Percepatan Pembangunan Suyono, Widyaiswara Ahli Utama Lamidi, serta beberapa perwakilan OPD Kepri.

artikel terbaru