Batam Kumpulkan Rp2,5 Miliar untuk Korban Cianjur

Resta Apriatami

Pemko Batam berhasil mengalang dana untuk para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, sebesar Rp2,5 miliar. Bantuan tersebut akan segera diserahkan pada bulan ini. Pelaksana Harian Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Leo Putra, mengatakan, dana Rp2,5 miliar terkumpul dalam waktu satu bulan.

“Galang dana ini kita buka selama satu bulan, sesuai dengan surat imbauan pak Wali Kota dari tanggal 24 November sampai 24 Desember kemarin. Dan hasilnya sudah ada Rp2,504 miliar,” katanya.

Leo mengatakan, penyaluran dana bantuan harus segera diserahkan. Karena ini merupakan bantuan dari masyarakat Batam untuk korban gempa.

Pihaknya sudah melakukan survei ke daerah terdampak bencana. Menurutnya masih banyak hal yang dibutuhkan di sana. Misalnya, tempat ibadah, sanitasi, dan permukiman warga.

“Kami inginnya bantuan ini bisa digunakan dengan tepat. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat di sana. Namun demikian, mau seperti apa nanti mau tunai atau berbentuk apa itu tergantung kebijakan nanti. Semua masih dibahas, dan kami inginnya bantuan ini dirasakan mereka,” bebernya.

Ia menambahkan penggalangan dana tersebut diikuti oleh sejumlah perusahaan hingga seluruh kecamatan yang ada di Kota Batam.

“Pak Wali Kota ingin penyerahan secepat mungkin. Tapi kita saat ini masih dalam tahap finalisasi dan memastikan hal apa yang belum tersentuh bantuan di Cianjur,” ujarnya.

Pengumpulan bantuan digelar di beberapa titik, dan melalui rekening. Ia mengucapkan terima kasih kepada warga Batam yang sudah menyisihkan sebagian penghasilan mereka untuk bantuan kemanusiaan ini.

“Semoga bisa menjadi amal bagi semua yang sudah membantu,” sebutnya.

Editor: Ebim Antoni

artikel terbaru