Kakanwil Kemenag Kepri : Humas Harus Mengisi Ruang Publik

Gethya Nabilla

Kakanwil Kemenag Provinsi Kepri memberikan motivasi kepada seluruh insan humas Kemenag se Provinsi Kepri. Kegiatan yang digagas Kelompok Kerja Humas itu mengangkat tema Strategi dan Peran Humas Kemenag dalam Memberikan Layanan Informasi kepada Publik. 

Mahbub Daryanto meminta humas untuk memberikan informasi yang utuh kepada publik. "Humas itu bukan hanya corong, tapi harus mampu memastikan jangan sampai ruang publik kita diisi dengan berita hoak atau isu yang tidak terklarifikasi. Bahkan cenderung merusak sendi kehidupan beragama di Tanah Air," pesan Kakanwil

"Tenaga kehumasan harus berpikir bagaimana mengisi ruang publik dengan konten-konten positif. Bila perlu humas itu dilatih lagi untuk menjadi konten kreator. Harapannya, bisa membuat konten yang moderat,"sambungnya lagi. 

Kemajuan IT harusnya semakin memudahkan kerja humas pemerintah. " Humas harus membuat video tentang layanan di Kemenag. Transformasi layanan digital harus dikampanyekan sacara masif. Bagaimana masyarakat berurusan tidak perlu lagi datang ke kantor. Semuanya bisa terlayani melalui sistem yang dibangun. Terkait SOP itu sifatnya dinamis, jadi tidak kaku,"tuturnya lagi. 

Humas harus saling menguatkan dan membesarkan. "Kita bekerja sifatnya kolektif koligeal. Bangun dan besarkan kanal media sosial kita, baik YT, IG, Tik Tok, Twitter menjadi besar. Humas harus berpikir setiap waktu, apa yang harus ditulis dan disampaikan kepada publik," pinta Mahbub.

Editor: M Aditya

artikel terbaru