Mampu Kendalikan Pandemi Covid-19, Kepri Raih Penghargaan Presiden

Abdul Khoir

Sebagai wujud apresiasi atas keberhasilan mengendalikan pandemi Covid-19 selama hampir tiga tahun lamanya, pemerintah memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Hal ini dinilai pemerintah pusat menjadi provinsi berkinerja terbaik di wilayah Sumatera untuk penanganan pandemi Covid-19.

Bertempat di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, pada Senin (20/3/2023), Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menerima langsung penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo dalam acara Penghargaan Penanganan Covid-19 

Beberapa indikator penilaian tersebut di antaranya adalah seputar regulasi penanganan Covid-19, kinerja penegakan protokol kesehatan, kapasitas respon, inovasi penanganan Covid-19, serta kebijakan dan realisasi anggaran penanganan Covid di daerah.

Kinerja Pemda dengan hasil akhir berupa cakupan testing, tracing, treatment dan cakupan vaksinasi juga akan menjadi sumber penilaian.

Di Provinsi Kepri, ada beberapa Puskesmas yang mendapat penilaian seputar pengelolaan vaksinasi Covid-19 terbaik di Sumatera. Wilayah tersebut adalah Batu Aji, Meral, dan Tanjungpinang.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Kepri dapat berjalan baik adalah berkat kerjasama dan kerja keras seluruh Forkopimda Kepri, Pemerintah Kabupaten/Kota, organisasi kemasyarakatan,swasta, dan tenaga kesehatan.

Bagi Gubernur Ansar, pengalaman penanganan pandemi Covid-19 kemarin menjadi sebuah pengalaman berharga bagi Kepri untuk terus bersatu menghadapi tantangan dan persoalan yang akan datang.

"Ini semuanya tentu berkat dorongan bapak Presiden RI, apresiasi juga untuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai koordinator penanganan pandemi Covid-19 di luar Jawa dan Bali,"katanya seperti dikutip TribunBatam.id pada Senin (20/3/2023).

Strategi T3VAK SIREH menjadi strategi yang ampuh dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kepri.

"T3VAK SIREH", merupakan sebuah singkatan dari T3 (Penguatan Kapasitas Layanan dan Respon 3T (Testing, Tracing, Treatment)), VAK (Percepatan Vaksinasi), SI (Optimalisasi Pola Kemitraan Pentahelix dan Penyebarluasan Media Komunikasi, informasi dan Edukasi) dan REH (Rehabilitasi Ekonomi dan Sosial) yang juga mengambil nama suatu kelengkapan yang selalu hadir di dalam upacara adat, kalangan adat, bahkan hingga di acara pemerintahan khas melayu, menjadi strategi utama Gubernur Ansar bersama Forkopimda Kepri dalam penanganan Covid 19.

Presiden Jokowi menyebut salah satu nilai yang bisa dipetik dari pandemi covid-19 ialah sinergitas dari semua pihak.

Keberhasilan menangani covid-19 melalui sinergitas antar kementerian dan lembaga harus terus dilanjutkan.

"Keberhasilan ini adalah kerja keras seluruh komponen bangsa dan saya lihat kalau kita tertekan semua masalah, kita ini semuanya bekerja,"tandasnya. 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru