Maksimalkan Pelayanan Saat Ramadan, BP Batam Sesuaikan Jam Kerja Pegawai

Abdul Khoir

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 6 Tahun 2023, tentang Jam Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Bulan Ramadhan 1444 H di Lingkungan Instansi Pemerintah, Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan penyesuaian jam kerja bagi seluruh pegawainya selama bulan suci Ramadan 1444 H.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengimbau kepada seluruh pegawai BP Batam agar terus meningkatkan etos kerja di Bulan Suci Ramadan ini, guna mendukung pembangunan yang kini sedang gencar dilakukan.

"Seperti yang saya sampaikan di awal, Batam ini sedang dibangun. Jika pembangunan cepat, ekonomi juga akan berkembang dan warga Batam akan menikmatinya,”katanya seperti dikutip bpbatam.go.id pada Selasa (21/3/2023).

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BP Batam, Lilik Lujayanti mengungkapkan, penyesuaian jam kerja tersebut mencakup unit kerja yang memberlakukan lima hari kerja dan enam hari kerja.

"Meski ada penyesuaian jam kerja, sesuai arahan dari pak Kepala BP Batam Muhammad Rudi untuk tidak mengurangi pelayanan, produktifitas dan kinerja," ujarnya.

Unit kerja yang berlakukan lima hari kerja, hari Senin hingga Kamis dijadwalkan mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Sementara hari Jumat pukul 08.00-15.30 WIB.

Sementara untuk unit kerja yang berlakukan enam hari kerja, hari Senin hingga Kamis dan Sabtu, dijadwalkan mulai pukul 08.00-14.00. Begitu juga dengan hari Jumat, mulai pukul 08.00-14.00. Sementara untuk jam istirahat, tidak ada perbedaan dengan unit kerja yang berlakukan lima hari kerja.

Khusus kepada unit-unit pelayanan, seperti RSBP Batam, Bandara Internasional Hang Nadim, Direktorat Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal, maupun Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan dapat menyesuaikan jadwal kerja masing-masing sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adanya penyesuaian jam kerja ini, Lilik berpesan untuk tetap menjaga produktifitas kerja meskipun tengah menjalankan ibadah puasa. Sebab, seluruh pegawai tentunya mempunyai target kinerja yang sama seperti hari biasa.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru