Meriahkan Bulan Ramadan, Wagub Marlin Buka Acara Kemenag Expo tahun 2023

Abdul Khoir

Setelah sukses dengan dua kali penyelenggaraan di Ramadan tahun sebelumnya, acara Kemenag Expo tahun 2023 ini kembali digelar pada Senin (27/03/2023) di kawasan monumen Welcome to Batam.

Mengusung tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat, acara ini pun resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina.

Turut hadir pada kesempatan itu Wali Kota Batam, Kepala Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri, Ketua MUI Kota Batam, Ketua NU Batam, Ketua Ansor Batam, Ketua Ormas Agama, BAZNAS Provinsi Kepri, dan jajaran DWP Kanwil Kemenag Kepri.Dalam sambutannya, Wagub Marlin mengapresiasi kegiatan yang dihadiri oleh 54 stand Bazaar ini. Menurutnya, kegiatan Kemenag expo ini menjadi ajang berkumpulnya seluruh karya dan kuliner dari daerah masing-masing.

“Saya memberi apresiasi yang luar biasa, semoga kegiatan ini berjalan lancar sampai selesai, dan saya berharap kegiatan ini menjadi ajang mempersatukan kita, bahwa ternyata sangat beranekaragam produk makanan kuliner dan ciri khas yang ada di provinsi kepri. ,”katanya sperti dikutip kepri.kemenag.go.id pada Senin (27/3/2023).

Marlin juga mengajak pelaku usaha untuk untuk memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini. Terutama masyarakat Kota Batam yang mana menyumbang persentase sebesar 60% UMKM se-Provinsi Kepri.

“Ini kesempatan yang luar biasa, sertifikasi halal ini harus kita tangkap karena banyak UMKM yang belum bersertifikat halal. Program ini memberi berkontribusi besar untuk UMKM, jadi jangan sia-siakan kegiatan ini, karena mengurus sertifikasi halal mandiri itu tidak mudah, perlu pendampingan dan ada aturan-aturannya, jadi ini momentum luar biasa,”ungkapnya.

Menurut Marlin, program Sehati bagi UMKM juga mendukung peningkatan perekonomian Kota Batam. Kalau perekonomian Kota Batam meningkat, Marlin memastikan akan berdampak positif juga bagi peningkatan perekonomian Provinsi Kepri.

“Kalau perekonomian Kota Batam meningkat, otomatis provinsi terseret (meningkat) juga, karena Kota Batam garda terdepan pertumbuhan ekonomi untuk menunjang Provinsi Kepri, karena bagaimanapun jumlah penduduk terbanyak ada di Kota Batam, kontribusi Kota Batam luar biasa mulai dari pertumbuhan ekonomi, jumlah penduduk, dari geliat pebisnis dan investasi,” ujarnya.

Pembukaan Kemenag Expo juga dihibur oleh penampilan marching band dari MAN Batam, penampilan pencak silat dari IPSI, kasidah, dan grup selawat. Kemenag Expo akan berlangsung selama 10 hari mulai 24 Maret s.d. 2 April 2023.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru