Gubernur Kepri Serahkan Insentif Kepada 1.791 Guru di Kota Batam

Abdul Khoir

Sebagai bentuk apresiasinya kepada tenaga pendidik atas kontribusinya dalam sektor pendidikan di Kepulauan Riau, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan insentif kepada 1.791 guru dan tenaga kependidikan SMA/SMK/SLB swasta di Kota Batam pada Kamis (30/3) di Gedung Aula SMA Yos Sudarso Batam Centre.

Insentif yang diberikan adalah sebesar Rp 2 juta per guru dengan potongan pajak sebesar lima persen. Adapun total insentif yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ini nilainya mencapai Rp 5 miliar.

Selain memberikan bantuan insentif, Gubernur Ansar juga menyatakan bahwa pada tahun ini, Kota Batam akan membangun empat unit sekolah baru, termasuk dua SMAN, satu SMKN, dan satu SLB N. Pembangunan ini bertujuan untuk mengatasi persoalan penerimaan siswa baru yang terjadi setiap tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Andi Agung, menjelaskan bahwa penerima insentif tersebut berasal dari 52 SMA dengan 501 tenaga pengajar, 65 SMK dengan 779 orang pengajar, dan 6 SLB dengan 63 orang tenaga pengajar. Para penerima adalah guru yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan memiliki masa pengabdian minimal 2 tahun.

Selain bantuan insentif, Kepri juga memberikan bantuan beasiswa untuk penyetaraan jenjang pendidikan dan bantuan transportasi kepada anak-anak hinterland. Bantuan insentif juga diberikan kepada guru dari tiga SLB penggerak, yakni SLB Anak Brilian Batam, SLBN Batam, dan SLB Kartini Kota Batam.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru