Sambutan Kakankemenag Anambas Saat Sosialisasi Survei Nasional Indek Kerukunan Umat Beragama

Fikriani

Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melaksanakan evaluasi indeks kerukunan umat beragama tahun 2023.

Survei indeks kerukunan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kakankemenag Anambas, Dr. H. Erizal, MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tim Survei BRIN kepada Bapak Ibnu Salman.

Erizal menyampaikan bahwa penelitian kerukunan umat beragama di Anambas diharapkan hasilnya subjektif dengan kondisi yang real dari setiap responden. 

"Saat ini di Provinsi Kepulauan Riau tepatnya di tahun 2022 meraih peringkat pertama di Indonesia dengan nilai 85.78 sebagai provinsi dengan indeks kerukunan yang tertinggi dari provinsi lainnya. dengan objek penelitian pada Kabupaten Karimun, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kota Tanjung Pinang."

"Untuk itu dalam upaya mempertahankan indeks kerukunan umat beragama di lingkup Kepri maka di tahun 2023 Survei indeks kerukunan juga dilakukan di Kabupaten Kepulauan Anambas tepatnya di 10 Desa dari Setiap Kecamatan."

"Dalam upaya menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kemanag sendiri sudah banyak melaku berbagai kegiatan seperti jalan sehat kerukunan, dialog lintas agama, deklarasi kerukunan bahkan saat ini di Anambas sudah memiliki Desa Sadar Kerukunan tepatnya di Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan. "