21 Guru Madrasah Ikut USKA PPG di Lingga

Resta Apriatami

21 orang guru madrasah negeri dan swasta di Kabupaten Lingga mengikuti Uji Seleksi Kompetensi Akademik (USKA-PPG). Kegiatan ini merupakan bagian dari program profesi guru. Kegiatan digelar selama 1 hari, 25 Maret 2023, bertempat di Labor Multimedia Madrasah Tsanawiyah Negeri Singkep. 

Kepala Kemenag Lingga berpesan agar para peserta USKA serius. "Kompetensi akademik guru madrasah harus bernilai baik. Salah satu kunci keberhasilan pendidikan madrasah adalah bergantung pada kompetensi para gurunya," pesan H Muhammad Nasir,S.Ag,MH

"USKA ini penting dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Tujuannya untuk menciptakan guru hebat agar melahirkan peserta didik selain cerdas tentu beriman dan bertakwa kepada Allah SWT," tambah pria kandidat doktor bidang pendidikan ini. 

Sementara itu, menurut  Kasi Pendidikan Islam Kemenag Lingga mengatakan kegiatan ini merupakan program nasional yang diselenggarakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Jenderal Pendidikan Islam Kementerian 
Agama RI berdasarkan surat nomor : B-10/DJ.I/Dt.I.II/03/2023. Adapun tujuannya adalah untuk menyeleksi kompetensi akademik dari guru yang berada di jajaran Kementerian Agama.

"Tentu kita ingin pendidikan madrasah semakin baik kedepan. Harapannya adalah agar guru-guru ini bisa lulus mengikuti ujian. Sesuai juknis para guru mengikuti secara online dan harus menyelesaikan 120 buah soal selama 150 menit," ungkap H Zamroni,S.Ag,MAP.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru