Lima Proyek Pengerjaan Jalan Ditargetkan Selesai Akhir Tahun Ini

Abdul Khoir

BP Batam menargetkan proyek pengerjaan jalan di Batam akan selesai pada 31 Desember 2023 mendatang.

Ada lima proyek pengerjaan jalan yang sedang dilakukan. Pekerjaan pertama, Jalan Yos Sudarso tahap 4 sepanjang 2,4 km (Ruas Underpass Pelita – Nagoya Gate) dengan kontraktor PT. Kuala Batee Indonesia dan konsultan pengawas PT. Calvindam Jaya.

Jalan Koridor Utama Pelabuhan – Bandara sepanjang 9 km (Ruas Simpang Laluan Madani – Simpang Bundaran Punggur) dengan kontraktor PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT. Maju Bersama Jaya (KSO) dan konsultan pengawas PT. Portal Engineering Perkasa.

Jalan Koridor Utama Pelabuhan – Bandara sepanjang 2,6 km (Ruas Bundaran Punggur – Simp. Bandara) dengan kontraktor PT. Harap Panjang dan konsultan pengawas PT. Multi Forma Riau Konsultan.

Pengembangan Jalan Hang Jebat sepanjang 5,5 km (Simpang Batu Besar – Simpang Turi) dengan kontraktor PT. Sinar Arengka Setia Maju dan konsultan pengawas PT. Multi Forma Riau Konsultan.

Lalu, Bundaran Bandara (Simpang Lampu Merah Bandara Hang Nadim) berdiameter 100 m serta panjang jalan mencapai 800 m dengan kontraktor PT. Kurnia Djaja Alam dan konsultan pengawas PT. Astadipati Duta Harindo.

Pengerjaan jalan ini, nantinya akan dikembangkan jadi lima lajur kiri dan kanan. BP Batam juga akan melakukan revitalisasi saluran drainase.

“Saya kembangkan ini agar ekonomi Batam semakin maju lagi. Kalau sudah maju, masyarakat akan memiliki kesempatan untuk lebih baik, mari kita sambut pembangunan ini,” kata Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi seperti dikutip batampos.co.id pada Senin (3/4).

Demi memastikan pembangunan telah berjalan sesuai usulan, perencanaan dan kualitas yang ditentukan, Rudi meminta masyarakat Kota Batam ikut serta dalam pengawasan dan pembangunan. 

Diakui Rudi, pihaknya akan selalu mengontrol pembangunan ini dengan mengecek langsung pembangunan jalan di beberapa lokasi, salah satunya yang menuju Bandara Hang Nadim.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru