Discord Luncurkan Fitur Soundcard, Ini Cara Kerjanya

Abdul Khoir

Aplikasi obrolan Discord baru-baru ini memperkenalkan fitur soundboard yang bisa digunakan pengguna di saluran suara. Fitur ini sebelumnya merupakan eksperimen yang tersedia untuk pengguna dalam jumlah terbatas.

"Kami memperkenalkan soundboard, cara baru untuk bereaksi di saluran suara dengan suara yang dikuratori oleh komunitas Anda," tulis Discord dalam posting blognya.

Sayangnya, fitur ini masih terbatas bagi pengguna desktop saja. "Saat diluncurkan, Soundboard hanya dapat digunakan di desktop. Namun, pengguna seluler masih dapat mendengar suara apa pun yang Anda setel sehingga mereka selalu terhubung saat HONKHONK terjadi," tambahnya.

Sederhananya, Soundboard adalah fitur saluran suara yang memungkinkan pengguna memutar klip audio pendek yang dapat didengar oleh semua peserta di saluran suara yang sama. 

Sama seperti Reactions dan Super Reactions, Soundboard adalah cara bagi pengguna untuk mengekspresikan diri dan bereaksi terhadap percakapan saluran suara atau streaming Go Live.

Mengutip The Verge, sebelum diumumkannya fitur Soundboard, pengguna mesti mengandalkan perangkat lunak pihak ketiga seperti Voicemod jika ingin menyetel klip suara dengan aplikasi tersebut. Fitur ini disebut akan rilis dalam beberapa minggu mendatang.

Untuk menggunakan Soundboard, pengguna bisa masuk ke saluran suara apa pun di server mereka. Pengguna lalu akan melihat tombol baru di sebelah Activities yang terlihat seperti album musik. Mengklik tombol itu akan memunculkan panel Soundboard.

Pada pengaturan, pengguna diberi opsi untuk dapat mengurangi volume sepenuhnya jika mereka tidak ingin mendengar suara dari Soundboard Discord. Pengguna juga dapat membatasi siapa yang dapat menggunakan Soundboard di server mereka. Bagi pelanggan Nitro, mereka akan mendapatkan kelebihan, yakni dapat menggunakan suara yang diunggah di berbagai server.

Untuk menggunakan soundboard, pengguna harus masuk ke saluran suara apa pun diserver mereka dan mereka bisa melihat tombol baru di samping aktivitas yang terlihat seperti album musik. Dengan mengklik tombol tersebut, maka panel Soundboard akan muncul.

Pada pengaturan, pengguna bisa mengurangi volume sepenuhnya, bila mereka tidak ingin mendengar suara dari soundboard Discord.

Selain itu pengguna pun bisa membatasi siapa yang bisa memggunakan soundboard di server mereka.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru