Jadi Sepatu Olahraga Termahal di Dunia, Sepatu Michael Jordan Laku Terjual Rp 32 Miliar

Abdul Khoir

Sepasang sepatu olahraga yang pernah dikenakan oleh legenda bola basket Michael Jordan telah terjual seharga $2,2 juta (Rp32,6 miliar) dalam sebuah lelang, menjadi sepatu termahal yang pernah dijual dalam sejarah.

Sepatu Air Jordan XIII Bred itu dijual lewat rumah lelang Sotheby's pada awal pekan ini. Ini sekaligus mematahkan rekor penjualan sepatu yang juga dipegang merek Air Jordan.

Air Jordans "Bred" - kependekan dari "black and red" - adalah satu-satunya sepatu sneakers lengkap yang pernah dikenakan oleh Jordan dalam pertandingan Final NBA dan telah diautentikasi, kata Sotheby.

Kepala streetwear dan koleksi modern Sotheby, Brahm Wachter, mengatakan nama besar Jordan belum luntur. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa memorabilia atlet masih laku keras.

"Hasil yang memecahkan rekor hari ini semakin membuktikan bahwa permintaan untuk memorabilia olahraga Michael Jordan terus mengungguli dan melampaui semua ekspektasi," katanya dilansir dari Fox.

Rekor sebelumnya untuk sepatu Jordan adalah $1,47 juta (Rp21,8 miliar), yaitu untuk sepasang sepatu Nike Air Ships miliknya yang dilelang pada tahun 2021.

Jordan mengenakan sepatu yang dilelangnya itu ketika di Game 2 seri Final NBA 1998. Pada saat itu ia berhasil mencetak 37 poin dan membawa Bulls meraih kemenangan 93-88 atas Utah Jazz.

Final NBA 1998 adalah 'the last dance' bagi Jordan. Ini adalah musim terakhirnya bersama Bulls dan merupakan final pemungkas. Pada musim ini Jordan membawa Bulls juara dan ia dinobatkan sebagai MVP.

Kejuaraan tahun 1998 adalah kejuaraan NBA keenam Jordan dan kelima kalinya dia dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) di NBA.

Sepatu Air Jordan ini memiliki kisah unik. Alkisah, Jordan sempat memberikan sepatu lengkap dengan tanda tangannya kepada seorang pemungut bola dari kubu Utah Jazz di ruang ganti. Ini dilakukan sebagai ucapan terima kasih karena telah menemukan jaketnya yang hilang.

Jordan memenangkan total enam kejuaraan Final NBA, dua Medali Emas Olimpiade dan banyak penghargaan lainnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru