Ingin Batalkan Tiket Kereta Api? Begini Caranya

Abdul Khoir

Membatalkan tiket kereta api memang diperbolehkan dan dapat dilakukan jika memang dalam kondisi mendesak. Dengan tujuan agar uang Anda tetap kembali meskipun tidak penuh.

penumpang biasanya akan mengajukan pembatalan tiket kereta api sekaligus melakukan refund. Perlu diketahui bahwa cara membatalkan tiket kereta api dapat dilakukan langsung melalui stasiun atau lewat online via aplikasi KAI Access.

Kemudahan ini menjawab permasalahan segenap orang yang sudah merencanakan perjalanan jauh-jauh hari, namun mendekati hari H terpaksa harus membatalkan karena alasan tertentu.

Sebelum melakukan pembatalan tiket kereta api, penumpang juga diharapkan untuk membaca syarat dan ketentuan pembatalan dan refund tiket kereta api yang dapat diakses di tautan berikut ini. Lantas bagaimana cara membatalkan tiket kereta api secara online? Selengkapnya berikut ini langkah-langkahnya.

Cara membatalkan tiket kereta api secara online via aplikasi KAI Access

1. Buka aplikasi KAI Access di smartphone Anda. Aplikasi KAI Access dapat diunduh gratis di toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS)

2. Klik menu “Tiket” Kemudian pilih menu “Kode Booking” tiket yang akan dibatalkan

3. Jika sudah dipilih, lalu klik “Pembatalan”

4. Baca dan pahami kententuan kemudian centang dan pilih “Lanjut”

5. Selanjutnya isi akun bank dengan benar agar pengembalian dana atau refund bisa diterima

6. Lanjutkan ke proses pembatalan dan cek apakah seluruh data pembatalan sudah sesuai

7. Pilih “Ya saya yakin” proses pembatalan tiket kereta pun selesai

Sebagai informasi bahwa pembatalan paling lambat adalah tiga jam sebelum keberangkatan dan dikenakan bea administrasi 25 persen. Selain itu transfer kembali bea dapat dilakukan 30 hingga 45 hari kemudian.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru