Hindari Pembajakan di Akun Whatsapp, Kenali Tanda dan Pencegahannya Berikut Ini

Abdul Khoir

Belakangan beberapa orang mengalami pembajakan di akun Whatsapp mereka. Hal ini tentunya membuat kepanikan tersendiri bagi penggunanya lantaran mereka tidak bisa lagi mengakses akun tersebut.

Pembajakan WhatsApp bisa terjadi kapan saja dan ke akun mana saja. Anda perlu memperhatikan bila akun anda mengalami tanda-tanda yang tidak biasa karena mungkin saja akun anda dibajak.

Sebenarnya ada beberapa tanda yang bisa Anda kenali ketika akun Whatsapp mengalami pembajakan. Apa saja tanda-tandanya? Berikut ini ulasannya.

1. OTP

One Time Password (OTP) merupakan gerbang masuk untuk mengakses akun WhatsApp. Jadi jika mendapatkan enam digit kode ini artinya ada yang berusaha mengakses WhatsApp kamu.
Ingat, untuk tidak memberikan kode OTP pada siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp

Ciri berikutnya akun dibajak adalah akun tiba-tiba keluar dari WhatsApp. Kamu juga bisa mengetahui apakah ada perangkat lain yang mencoba mengakses akun dengan menekan ikon tiga titik lalu pilih WhatsApp Web. Di sana akan terlihat perangkat apa saja yang mengakses akun WhatsApp.

3. Pesan Telah Terbaca

Kamu perlu berhati-hati jika ada pesan dalam WhatsApp yang telah terbaca, namun ternyata kamu tak pernah membacanya sama sekali.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Seperti ciri sebelumnya, kamu juga harus waspada jika akun WhatsApp mengirimkan pesan yang tidak pernah dikirimkan.

5. Terjadi peningkatan konsumsi data seluler dan wifi

Penjahat punya banyak cara untuk melakukan pembajakan, salah satunya menggunakan aplikasi berisi malmware yang menjadikannya aplikasi mata-mata.

6. Terdapat aktivitas aneh di log telepon

Whatsapp aplikasi berbahaya berisi mSpy dan EyeZy memungkinkan pejahat menyusup ke akun WhatsApp korban termasuk memiliki akses ke kontak. Jika terdapat aktivitas aneh di log telepon Whatsapp maka harus dicurigai bahwa aplikasi telah dibajak.

7.  Muncul chat tidak dikenal

Kalian mungkin menjadi korban pembajakan Whatsapp jika menemukan chat tidak dikenal entah itu chat individu maupun grup yang padahal tidak pernah dilakukan. Hal ini mengindikasikan seseorang berhasil melakukan pembajakan.

 

Selain mengenali tanda-tanda adanya pembajakan pada akun Whatsapp, berikut ini kami merangkum cara pencegahan akun Whatsapp dibajak.

Anda bisa mengaktifkan fitur two-step verification. Dengan cara ini, pembajak akan kesulitan mengakses akun kamu karena mereka tidak memiliki PIN yang Anda gunakan.

Berikut adalah cara mengaktifkan two-step verification di WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp dan tekan ikon tiga titik di sudut kanan atas.

2. Pilih opsi Settings.

3. Masuk ke pengaturan Account.

4. Pilih Two-step verification.
WhatsApp akan meminta Anda untuk mengaktifkan two-step verification dengan PIN. Klik Enable untuk mengaktifkan fitur.

Baca juga: Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Bakal Gabung dengan PPP?

5. Buatlah PIN dan masukkan enam digit angka sesuai keinginan Anda.

6. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terkait dengan akun Anda. Hal ini akan berguna jika Anda ingin mengganti PIN di kemudian hari.

 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru