Saingi ChatGPT, Sber Rusia Luncurkan GigaChat

Abdul Khoir

Perusahaan Bank terbesar Rusia, Sberbank, baru-baru ini telah meluncurkan teknologi robot percakapan atau chatbot terbaru bernama GigaChat yang diyakini mampu menyaingi chatbot buatan perusahaan Amerika Serikat, OpenAI yaitu ChatGPT.

Dilansir AFP pada Senin (25/4) Sber meluncurkan Chatbot versinya sendiri dan menjadi yang pertama bagi Rusia.

Hal yang membedakan aplikasi artificial intelligence (AI) sebelumnya dengan aplikasi ini terletak pada teknologi yang jauh lebih canggih. GigaChat mampu melakukan percakapan, menulis pesan, menanggapi pertanyaan faktual, menulis kode, hingga membuat gambar dari deskripsi.

Namun kini aplikasi berbahasa Rusia tersebut baru tersedia dalam mode uji coba dan terbatas bagi para undangan.

GigaChat diluncurkan menyusul keberhasilan ChatGPT. Sebagian ahli melihat ini sebagai babak baru perlombaan teknologi antara AS-Rusia.

Saat ini Rusia memang berupaya keras menghadirkan teknologi terkini buatan dalam negeri. Sejak melakukan invansi ke Ukraina sejak 24 Februari 2022 negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin itu mengalami pengucilan secara ekonomi dan teknologi.

Pemerintah Rusia juga telah memperkuat undang-undang untuk mengatur sektor ini, dengan latar belakang represi politik yang meningkat.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru