Tak Hadir Dalam Acara Internasional Rumah Gadang Expo (IRGE) Perantau Minang di Batam Mengaku Kecewa

diki

Ketidak hadiran Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansarullah, dalam acara Internasional Rumah Gadang Expo (IRGE) 2023, meninggalkan kekecweaan mendalam bagi para perantau yang berada di kota Batam.

Sekretaris Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kota Batam, Indra Sudirman didampingi Ketua Umum IKSB Batam, AKBP (Purn) H. Maryon mengatakan, Gubernur Mahyeldi dinilai tidak memiliki rasa empati terhadap gelaran International Rumah Gadang Expo 2023 padahal sudah diundang hadir dan membuka stand promosi potensi ekonomi kreatif, pariwista dan UKM Sumbar dalam acara tersebut.

“Kami benar-benar kecewa dengan sikap Gubernur Sumbar yang enggan hadir dalam kesempatan IRGE 2023. Padahal, salah satu tujuan IRGE dilaksanakan guna mempromosikan industri kreatif dan pariwisata Sumbar,” ungkapnya dalam rilis yang diterima.

Kekecewaan IKSB kian mendalam lanjut Indra, dikarenakan pihak Pemprov Sumbar kemudian melaksanakan West Sumatera Invesment Forum 2023 di Hotel Harris Batam Centre sehari usai pelaksanaan IRGE 2023, Senin 22 Mei 2023.

West Sumatera Invesment Forum 2023 pun dihadiri Kabupaten Tanah Datar, Padang Panjang, Kota Solok dan Kota Padang.

“Padahal acara IRGE 2023 berlangsung meriah. Masyarakat Batam dan wisatawan tumpah ruah di acara tersebut,”ujarnya.

Apa salahnya lanjut Indra, pihak Pemprov Sumbar bisa ikut dalam pagelaran IRGE 2023 dengan mengirim delegasi promosi.

Indra pun mengaku heran dengan sikap Gubernur Sumbar yang enggan hadir dalam kesempatan tersebut.

“Kami sampai saat ini tidak tahu alasan beliau enggan hadir. Sehingga muncul banyak spekulasi atas ketidakhadiran gubernur,” ungkapnya.

Ditegaskan Indra, pihak panitia IRGE sudah tiga kali bertemu dengan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mempromosikan produk Sumbar di IRGE 2023.

Langkah ini dilakukan panitia IRGE karena merasa peduli dengan kampuang halaman.

“Bukannya kami minta kepedulian Pemprov Sumbar. Tapi karena kami peduli kampung halaman lah kami ke Sumbar menemui Pemprov Sumbar untuk bisa promosi di ajang IRGE 2023,” katanya.

IRGE 2023, 18-21 Mei 2023 pun berlangsung spektakuler. Belasan ribu masyarakat Batam tumpah ruah di Dataran Engku Putri Batam Centre.

Sederetan acara, mulai Tabligh Akbar Buya Ristawardi, Festival Marandang, Maarak Jamba, hiburan mendatangkan artis top Minang sampai jalan santai berhadiah motor dan hadiah menarik lainnya.

Desain panggung berornamen Rumah Adat Minang yang terpasang di panggung utama membawa para pengunjung larut seolah-olah tengah berada di kampung halaman, Ranah Minang.

Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari Pemprov Sumbar terkait ketihadiran gubernur dalam acara tersebut.

Editor: Jahziel

artikel terbaru