Gubernur Ansar ingin 2023 jadi momentum kebangkitan olahraga

Abdul Khoir

AlapAlap.com- Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad menginginkan tahun 2023 menjadi momentum kebangkitan olahraga setelah beberapa tahun ke belakang terkendala pandemi COVID-19 hingga memicu sepinya kompetisi olahraga di daerah tersebut.

"Momentum kebangkitan olahraga ditandai dengan dimulainya kompetisi Piala Gubernur Kepri tahun 2023," kata Gubernur Ansar di Tanjungpinang, melalui lansiran ANTARA.

Menurut Ansar pelaksanaan Piala Gubernur Kepri selain menumbuhkan iklim kompetisi, juga sebagai bentuk pembinaan pemerintah terhadap atlet-atlet muda berbakat. Dari kompetisi ini diharapkan lahir bibit-bibit atlet olahraga berpotensi yang akan dibina untuk mengharumkan nama Kepri dan Indonesia baik di kancah nasional maupun internasional.

"Sudah ada contoh, Kepri mampu melahirkan atlet sepak bola di tim nasional Indonesia, Ramadhan Sananta," kata Ansar menambahkan.

Tak hanya itu, lanjut Ansar, Pemprov Kepri juga memberikan perhatian penuh terhadap kebangkitan olahraga dengan kembali membangkitkan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang sempat terhenti pengelolaannya akibat pandemi COVID-19.

Melalui PPLP Kepri, sambungnya, Pemprov Kepri telah membina atlet dari empat cabang olahraga yaitu sepakbola, takraw, silat dan karate.

"Usai COVID-19, kita coba hidupkan lagi PPLP karena terbukti melahirkan beberapa atlit yang dapat berkiprah dan mengukir prestasi tingkat nasional maupun Internasional, sehingga dapat lahir Ramadhan Sananta berikutnya yang juga merupakan atlit hasil binaan dari PPLP," ucap Ansar.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri, Muhammad Ikhsan, mengutarakan Piala Gubernur Kepri 2023 mempertandingkan tiga cabang olahraga yakni sepakbola, bola voli, dan futsal

"Sistem kompetisi dibagi menjadi tujuh zona di tujuh kabupaten/kota se-Kepri," ujar Ikhsan.

Ia menjelaskan per 26 Mei, telah selesai digelar Piala Gubernur Kepri 2023 cabang sepakbola dan bola voli di Zona Tanjungpinang dan Bintan.

Jadwal dan venue lengkap pertandingan, yaitu untuk sepakbola untuk zona Tanjungpinang pada 8-15 Mei di Stadion Gelora Sri Tri Buana, Dompak, Bintan pada 17-24 Mei di Lapangan Sepakbola Asyura Gunung Lengkuas. Kemudian, Lingga pada 20-27 Juni di Stadion Merdeka Dabo, Kepulauan Anambas pada 11-18 Juli di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa, Natuna pada 9- 16 Agustus di Lapangan Sri Srindit Ranai, Karimun pada 12-19 September di Stadion Badang Perkasa, dan Batam pada 10-17 Oktober di Stadion Citra Mas Kabil.

Kemudian, untuk bola voli untuk zona Tanjungpinang pada 11-15 Mei di Lapangan Pinang Wahana, Bintan pada 20-24 Mei di GOR Demang Lebar Daun Kijang, Lingga pada 23-27 Juni di Gedung Nasional Dabo.

Selanjutnya, di Kepulauan Anambas pada 14-18 Juli di Lapangan MIN Tarempa Barat, Natuna pada 12-16 Agustus di Lapangan Sports Hall Dispora Ranai, Karimun pada 15-19 September di Lapangan Amelia Baran, dan Batam pada 13-17 Oktober di Lapangan Ja'far Sekupang.

Terakhir futsal untuk zona Tanjungpinang pada 21-25 Juli di Lapangan Junior, Bintan pada 22-26 Juli di GOR Demang Lebar Daun Kijang, Lingga pada 23-27 Juni di Lapangan One Futsal Dabo, Kepulauan Anambas pada 14-18 Juli di Lapangan Bayhill Tarempa, Natuna pada 12-16 Agustus di Lapangan Caesar Futsal Ranai, Karimun pada 15-19 September di Sports Hall Badang Perkasa, dan Batam pada 13-17 Oktober di Sports Hill Taras.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru