PT Timah Tbk Raih Penghargaan Inovasi Keselamatan Penambangan dari Kementerian ESDM

Irvan Noor

PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur meraih penghargaan inovasi keselamatan pertambangan perusahaan komoditas mineral dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).  Penghargaan ini diumumkan dalam pembukaan peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2022 yang dibuka oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara Sunindyo Suryo Herdadi.

PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur meraih peringkat ke II dalam ajang Inovasi Keselamatan Pertambangan. Lomba ini diikuti lebih dari 1633 Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Dari seluruh peserta yang ikut kegiatan ini hanya ada lima perusahaan yang masuk nominasi sebagai pemenang.

Mengusung inovasi keselamatan pertambangan yang dengan tema Sistem Informasi Operasi Produksi Laut ( SIOPL ) untuk Monitoring Kegiatan Penambangan Laut Kapal Isap Produksi. Tim Unit Produksi Kundur memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini untuk dapat membantu mengurangi angka kecelakaan pada saat penggalian.

Waka Unit Produksi Kundur sekaligus team dari Inovasi Keselamatan Pertambangan Anton Saputra menyampaikan, inovasi ini dibuat untuk meminimalisasi dampak kecelakaan dari operasi penambangan..

PT Timah Tbk pemenang Inovasi terbaik ke II kategori Keselamatan Pertambangan Perusahaan Komodigas Mineral.

“Pada inovasi keselamatan pertambangan kali ini melalui SIOPL kita dapat memonitor posisi kapal saat melakukan penggalian serta mengetahui kondisi atau kultur tanah seperti apa. Sehingga informasi yang di dapat dengan cepat tentu akan memudahkan para crew penambangan untuk segera mengambil tindakan yang dibutuhkan,” katanya.

Ia mrnjelasakan, banyak manfaat dari SIOPL ini untuk mendukung Keselamatan dalam penambangan seperti menurunkan intensitas ladder tertimpa atau terjepit material, menurunkan probabilitas resiko kapal karam dan tenggelam akibat ladder tertimpa atau terjepit material penambangan dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan inovasi ini dengan menggunakan jaringan internet, dari jauh juga dapat memonitor posisi beroperasinya kapal, posisi gali cutter, area penambangan dan data penambangan. Selain itu dengan inovasi SIOPL juga dapat mengurangi biaya dari dampak terjadi sebuah kecelakaan kerja. Dalam dua tahun berturut PT Timah Tbk berhasil mencatatkan zero fatality dan terus melakukan transformasi dan inovasi dalam meningkatkan keselamatan dalam proses bisnis perusahaan.

artikel terbaru