Rakor Puslitbang Penda di Batam, Karo Ortala Paparkan Struktur Organisasi Badan Moderasi

Wulandari Astiani

Puslitbang Penda menggelar rakor program dan anggaran tahun 2023 di Batam Provinsi Kepri. Kegiatan dilaksanakan 4 hari, 27 - 2 Maret 2023 di Hotel Aston Nagoya. 

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sesjen Kementerian Agama Akhmad Lutfi yang didaulat sebagai salah seorang narasumber dalam rakor tersebut melalui zoom meeting mengatakan Perpres No. 12 Tahun 2023 tentang Kementerian Agama telah terbit. Di dalamnya mengatur nomenklatur baru Badan Litbang dan Diklat pun menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Karo Ortala memaparkan konsep struktur organisasi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM dengan unit Eselon 2 tetap berjumlah enam. Meski demikian, untuk nomenklaturnya terdapat dua alternatif.

“Pertama, Pusat Kebijakan Moderasi Beragama; Pusat Khazanah, Literasi, Penilaian Buku Agama dan Layanan Keagamaan; Pusat Kebijakan Pendidikan Agama dan Keagamaan; Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi; Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Fungsional dan Layanan Keagamaan,” paparnya, Selasa 28 Februari 2023.

“Sementara untuk balai-balai di daerah yang selama ini menjadi unit pelaksana teknis (UPT) Pusat Penilaian Kompetensi dan Pengelolaan Talenta,” sambung Akhmad Lutfi.

Alternatif kedua yaitu Pusat Moderasi Beragama dan Kebijakan Pembangunan Bidang Agama dan Pendidikan, Pusat Lektur, Khazanah, Literasi, dan Penilaian Buku Agama, Pusat Penilaian Kompetensi dan Manajemen Talenta, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Administrasi; Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Fungsional dan Layanan Keagamaan.

“Nah, untuk UPT di daerah terjadi perubahan dan pergeseran. Untuk perubahan dari Balai Diklat Keagamaan menjadi Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM. Sementara Balai Litbang Agama akan dipindahkan lokasinya untuk menambah Balai baru di provinsi lain,” terangnya.

Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM merupakan transformasi dari BDK, LDK, dan BLA. Berikut ini perubahan dan pergeserannya:

1. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Aceh

2. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Medan

3. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Padang

4. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Palembang

5. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Jakarta

6. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Bandung

7. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Semarang

8. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Surabaya

9. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Banjarmasin

10. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Manado

11. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Denpasar

12. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Makassar

13. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Ambon

14. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Papua

15. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Bandar Lampung

16. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Pekanbaru

17. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Balikpapan (reposisi BLAJ)

18. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Pontianak (reposisi BLAS)

19. Balai Moderasi Beragama dan Pelatihan SDM Palu (reposisi BLAM)

Seluruh nomenklatur tersebut akan diusulkan ke Kementerian Bappenas. “Semoga semuanya dapat disetujui,” Karo Ortala.

Rakor Puslitbang Penda ini membahas para peneliti eks Puslitbang Penda yang telah hijrah di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan para undangan dari lingkungan Sekretariat Balitbang Diklat dan Kemenag Kota Batam.

Editor: Fikriani

artikel terbaru