Puluhan Wisatawan Mancanegara Asal China Kunjungi Batam

Abdul Khoir

Sebanyak 41 Wisatawan, Asal China Kunjungi Batam

Pada Sabtu (11/3) sebanyak 41 wisatawan mancanegara asal China mengunjungi Kota Batam, Kepulauan Riau. Kepala Disbudpar Kota Batam Ardiwinata mengatakan 41 wisawatan ini datang melalui Pelabuhan Ferry Batam Centre. Kedatangan mereka pun disambut dengan atraksi kebudayaan yang diiringi alunan musik khas Melayu.

"Sebagai tanda sukacita atas kehadiran wisatawan. Kegiatan penyambutan sengaja dibuat untuk memberikan kenangan kepada pelancong sehingga dapat kembali lagi ke berwisata di Kota Batam," kata Ardiwinata seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (11/3/2023)


Ia menambahkan atraksi kebudayaan tersebut dalam rangka mensosialisasikan Peraturan Daerah No 1 Tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan Melayu.

"Kegiatan ini adalah tujuh unsur dari sapta pesona yakni memberikan kenangan sehingga wisman datang kembali," tambah dia lagi.

Ia menyebut China termasuk lima negara terbanyak yang mengunjungi ke Kota Batam. Sepanjang tahun 2022 sebanyak 10.532 kunjungan.

"Mudah-mudahan tahun 2023 ini lebih banyak lagi wisman dari China dan wisman dari negara lainnya datang ke Batam," ujar Ardiwinata.

Ganeral Manager PT ECO Indo Travel Andi, mengatakan selain mengunjungi pantai, wisman ini akan mengunjungi wisata religi seperti Maha Vihara Duta Maitreya Monastery, Klenteng Tua Pek Kong, Museum Batam Raja Ali Haji, Welcome To Batam, Jembatan Barelang, dan Grand Batam Mall.

"Makan di restoran juga nantinya," ujar Andi.

Wisatawan asal China Huang Cun Cun antusias menyaksikan penyambutan. Dia juga mengabadikan momen itu lewat jepretan kamera smartphone.

"Luar biasa penyambutannya, orang Batam sangat ramah," kata Huang Cun Cun.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru