Kepala Kemenag Bintan Sambut Kunjungan Kapolres Bintan

Gethya Nabilla

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menyambut kunjungan silaturahmi Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo di Kantor Kemenag Bintan. Turut menyambut kunjungan Kapolres antara lain Kasubbag Tata Usaha, H. Syahjohan, Kepala KUA Teluk Sebong, Jhon Desri, para penyuluh agama. Pertemuan berlangsung hangat. 

Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Erman Zaruddin mengatakan silaturahmi menjadi suasana penyejuk yang memperlihatkan harmoni dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. 

“Pemerintah melalui pemerintah daerah dan Kementerian Agama telah melakukan berbagai pembinaan sekaligus memberikan insentif keagamaan di Bintan,” kata Erman Zaruddin. 

Erman Zaruddin juga melaporkan kepada Kapolres Bintan yang baru menjabat tentang sejarah penanganan penganut Ahmadiyah dengan mencari solusi yang bijak. 

“Kami dengan stakeholders terkait sudah melakukan penguatan moderasi beragama di Kabupaten Bintan untuk berbagai kalangan dan dilakukan menyeluruh. Kami juga memandang perlu penguatan kolaborasi program dengan Polres dan FKUB Bintan dalam menciptakan suasana yang aman dan damai,” ujar Erman. 

Erman menjelaskan dengan kekuatan 72 penyuluh agama yang ada di Bintan, pihaknya terus memberdayakan para penyuluh, berupaya meningkatkan kesejahteraan penyuluh dan bahkan beberapa penyuluh menjadi da'i kamtibmas. 

Terkait dengan persiapan penyelenggaraan ibadah haji, Erman menjelaskan pihaknya tengah mematangkan persiapan penyelenggaraan ibadah haji, antara lain dengan penguatan manasik haji. 

“Untuk musim haji 1444 H, satu petugas kita berasal dari Kemenag Bintan, Taufiq Qurrahman yang merupakan Kepala KUA Gunung Kijang. Manasik haji dilakukan sebanyak dua kali oleh Kantor Kemenag dan delapan kali oleh KUA Kecamatan. Sebanyak 60 CJH Bintan terpantau dalam kondisi baik,” imbuh Erman. 

Sementara itu, Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo memastikan Polres Bintan siap berkolaborasi dalam kehidupan keagamaan di Bintan. Untuk penyelenggaraan ibadah haji, dia mengatakan melayani tamu Allah merupakan keberkahan tersendiri. Perhatian difokuskan pada melayani jemaah dengan usia lansia. Pertemuan juga membahas berbagai kemungkinan kolaborasi program di Bintan ke depan.

“Keberadaan kita untuk tetap menjaga kerukunan di Bintan. Ramadhan yang sudah dekat, agar kondisi kantibmas terus ditingkatkan,” ujarnya.

Editor: M Aditya

artikel terbaru