Kwarcab Pramuka Batam Ikuti Seleksi Kontingen Jelang Rainas XII Tahun 2023 di Jakarta

Abdul Khoir

Menjelang Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 yang akan digelar pada tanggal 14 s.d. 21 Agustus 2023 mendatang, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur mendatang, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Batam melaksanakan seleksi peserta Tingkat Kota Batam.

Kegiatan Seleksi Peserta Raimuna Nasional XII Kwartir Cabang Kota Batam, yang diselenggarakan di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Batam, pada Sabtu (11/3/2023) ini dihadiri oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi sekaligus sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kota Batam. Di kesempatan itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kota Batam selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Batam, Jefridin Hamid.

Jefridin Hamid mengungkapkan, kegiatan pertemuan terbesar untuk Pramuka Penegak dan Pandega tingkat nasional yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali ini diharapkan mampu membentuk kemandirian bagi anggota Pramuka.

“Tujuan Raimunas XII ini untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan pramuka penegak dan pandega serta pemimpin terhadap penghayatan dan pengembangan kode kehormatan pramuka tri satya dan dasa dharma,” katanya seperti dikutip mediacenter.batam.go.id pada Senin 13 Maret 2023.

Sekedar informasi, jumlah calon peserta sebelum seleksi Raimuna Nasional XII tahun 2023 sebanyak 36 orang dari 12 Kwartir Ranting yang masing-masingnya mengirimkan 3 calon, ditambah 4 orang peserta dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Batam. Dengan jumlah kontingen yang akan terpilih untuk berangkat sebanyak 8 putra dan 8 putri.

Keberangkatan 16 kontingen asal Batam yang akan mengikuti Raimuna Nasional XII di Jakarta nanti akan dibiayai yang bersumber dari APBD Kota Batam tahun 2023 melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

Jefridin menuturkan melalui Rainas XII ini merupakan kesempatan besar untuk memperluas nama Batam ke kancah Internasional.

“Saya menjadi peserta Raimuna se-Indonesia dahulu tahun 1992 pada saat diperguruan tinggi, dan ada perwakilan negara tetangga serta dunia. Dari Inggris, Amerika dan sebagainya. Inilah kesempatan untuk membawa nama Batam dan berkenalan dengan rekan disana membangun networking,”kata Jefridin.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru