BMKG Imbau Pengguna Transportasi Laut di Kepri Waspadai Cuaca Ekstrem

Resta Apriatami

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan melanda kawasan Kepulauan Riau (Kepri) hingga 1 Januari 2023. BMKG mengimbau pemudik tahun baru, terutama yang menggunakan jalur laut untuk tetap waspada.

"Gelombang laut yang signifikan berpotensi terjadi di wilayah Anambas dan Natuna, minimal ketinggian gelombang 2,5 meter sampai 4 meter dan bisa di atas 4 meter. Gelombang tinggi ini dipengaruhi oleh angin kencang dan saat ini kita berada di musim utara," kata kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam Suratman, Kamis (29/12).

Jalur pelayaran untuk antar pulau di Kepri masih terbilang aman. BMKG meminta untuk kapal berukuran kecil agar selalu menyediakan jaket keselamatan dan selalu mengupdate perkembangan cuaca.

"Untuk jalur pelayaran Batam-Pinang masih dalam batas aman. Jalur pelayaran Batam-Singapura dan Malaysia juga masih aman untuk pelayaran yang menggunakan kapal Ferry sedangkan untuk kapal nelayan boat pancung itu harus berhati-hati," ujarnya.

"Kami imbau semua pengguna transportasi dan yang melaksanakan aktivitas kelautan agar selalu berhati-hati. Selalu ikuti perkembangan cuaca yang disampaikan BMKG," tambahnya.

Akibat gelombang tinggi di perairan Anambas dan Natuna kapal ASDP Bahtera Nusantara 01 untuk sementara menghentikan operasional. Kapal Bahtera Nusantara (BN) 01 ini melayani tujuan Pulau Matak, Kabupaten Anambas dan Pulau Penagi, Kabupaten Natuna dari Pelabuhan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan.

"Untuk BN 01 masih belum bisa berlayar sampai saat ini, karena cuaca buruk masih melanda untuk di daerah sana. Sudah beberapa hari ini, karena cuaca. Di daerah Anambas dan Natuna itu ketinggian ombaknya bisa 5 sampai 6 meter. Jadi tidak memungkinkan melakukan pelayaran," kata GM ASDP Batam, Marsadik.

Marsadik menyebutkan pihaknya terus berkoordinasi dengan BMKG untuk perkembangan cuaca. Jika tidak memungkinkan melakukan perjalanan maka akan dilakukan. Untuk pelayaran lainnya seperti ke daerah Pekanbaru dan Jambi, Marsadik mengatakan tidak ada kendala sampai saat ini meskipun cuaca buruk yang melanda di wilayah Kepri beberapa minggu terakhir ini.

"Untuk yang lainnya aman, seperti ke Kuala Tungkal sama Pakning itu belum ada kendala karena cuaca," kata dia.

artikel terbaru