Parah! Sampah Berserakan di Pekanbaru Jelang Pergantian Tahun

Fikriani

Tumpukan sampah di Kota Pekanbaru, Riau sepertinya masih belum dapat dituntaskan. Bahkan, jelang penutup tahun sampah terlihat masih berserakan dan tak kunjung diangkut. Pantauan detikSumut, tumpukan sampah terlihat mulai dari Jalan HR Soebrantas, Jalan SM Amin hingga Jalan Riau. Selain itu tumpukan sampah juga berserakan di Jalan Tuanku Tambusai hingga gang-gang dalam kota.

Di beberapa titik, sampah sudah mulai menimbulkan bau busuk. Bau busuk dari tumpukan sampah mulai menyengat karena lama tidak diangkut dan berulang kali diguyur hujan deras.

Warga SM Amin, Sandy Iqbal mengaku sampah mulai tidak diangkut beberapa hari terakhir. Bahkan, pengangkutan sampah di sejumlah lokasi lambat.

"Di Jalan SM Amin itu kadang 2 hari baru sampah diangkut. Sudah bau busuk," ujar Sandy, Jumat (30/12/2022).

Tumpukan sampah diakui Sandy terjadi sejak pertengahan Desember lalu. Truk yang biasa mengangkut sampah jarang datang.

"Biasa truk ada beberapa kali datang, ini semakin ke sini malah semakin tak ada. Kan jorok sampah berserakan, padahal jalan protokol," katanya.

Selain lokasi tersebut, tumpukan sampah juga terjadi di Jalan Rajawali. Di jalan itu, sampah berserakan dan mulai dibakar oleh warga.

"Dibakar karena enggak diangkut. Sudah bau, jadi untuk mengurangi ya dibakar dululah. Tiap hari orang lewat buang di sini, padahal ini bukan tempat pembuangan sampah," katanya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru