Salat Jumat Terakhir 2022, Wisatawan Penuhi di Masjid Baiturrahman Aceh

Gethya Nabilla

Wisatawan yang berada di Banda Aceh memadati Masjid Raya Baiturrahman untuk melaksanakan salat Jumat terakhir tahun 2022. Jemaah salat meluber hingga halaman masjid. Kepadatan jemaah mulai terlihat dari luar masjid. Jalanan di luar masjid tampak dipadati kendaraan roda empat yang parkir di sisi kiri dan kanan jalan.

Masuk ke basement, perempuan memadati lokasi di sekitar tempat wudu. Mereka duduk bersama keluarga sambil menunggu salat Jumat selesai. Pemandangan ini berbeda dengan hari-hari Jumat sebelumnya.

Sementara jemaah pria yang melaksanakan salat Jumat meluber hingga ke bawah payung di halaman masjid. Mereka mengatur saf di luar karena di dalam masjid penuh.

Salat Jumat di Masjid Baiturrahman dimulai sekitar pukul 13.20 WIB. Bertindak sebagai khatib Prof Alyasa Abubakar dan imam Ustaz Munawir Darwis.

"Kami rencana mau ke Sabang nanti setelah Jumat. Sambil menunggu kapal kita salat Jumat di Masjid Baiturrahman," kata seorang jemaah, Andre.

Diketahui, Pemerintah Kota Banda Aceh meminta warganya tidak merayakan malam pergantian tahun dengan hura-hura. Larangan itu telah berlaku di Aceh dalam beberapa tahun terakhir.

"Forkopimda Banda Aceh mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perayaan malam pergantian tahun dengan membakar petasan atau kegiatan hura-hura lainnya dalam wilayah Kota Banda Aceh," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq dalam keterangannya, Rabu (21/12).

Menurutnya, larangan perayaan tahun baru itu untuk menjaga kearifan lokal.

"Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kearifan lokal dan memastikan ketentraman umum tetap terjaga," jelasnya.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru