Bupati Bantah Video Viral Aspal Jalan Mudah Terkelupas di Humbahas

Airlangga Gandhi

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor membantah video viral pelajar mengkritisi proyek pengaspalan jalan asal jadi di daerah itu. Dosmar menyebut, aspal yang mudah terkupas itu adalah bagian bahu jalan yang tersiram aspal.

"Pada saat pengejaran pengaspalan lapis penetrasi macadam (lapen/badan jalan) bahu jalan ikut terkena aspal," kata Bupati Dormar melalui surat yang diterima.

Dia menjelaskan, bahu jalan yang tersiram aspal itu dianggap oleh masyarakat merupakan bagian dari badan jalan yang sedang dikerjakan. Seolah-olah, pengaspalan badan jalan itu dikerjakan asal jadi dan mudah dikupas, seperti yang dilakukan para pelajar dalam video itu.

Sebelumnya, satu video yang menunjukkan seorang pelajar sedang mengupas aspal di jalan yang baru selesai dikerjakan dengan tangannya. Video tersebut kemudian viral dan membuat heboh karena dituding pengaspalan jalan tersebut asal-asalan dan tidak berkualitas.

Anak yang memakai seragam pramuka tersebut mengopek aspal itu dengan mudah menggunakan tangannya. Hal itu karena aspal tersebut terlalu tipis sehingga jalan tidak teraspal dengan baik dan dituding pengaspalan tersebut tidak berkualitas.

Dalam video itu juga menunjukkan sebuah spanduk yang berisikan informasi tentang pengejaran proyek pengaspalan tersebut. Diketahui jalan tersebut berada Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Bupati Dosmar dalam surat itu menjelaskan, panjang jalan yang diaspal tersebut adalah 390 meter dengan lebar tiga meter. Proyek pengaspalan yang menghabiskan biaya sebesar Rp 199,7 juta tersebut dikerjakan oleh PT ANN OLA MANDIRI selaku pemenang tender.

Pengaspalan yang dilakukan pada bulan November tersebut selesai pada 19 Desember 2022. Jalan itu merupakan jalan dari Dusun Sosor Julu menuju Lumban Julu Desa Bonan Dolok II, Kabupaten Humbahas.

Bahu jalan yang terbuka akibat dikupas oleh anak tersebut sudah diperbaiki kembali. Perbaikan tersebut dilakukan oleh PT ANN OLA MANDIRI yang disaksikan oleh pihak Dinas PUTR Humbahas dan Kanit Tipikor.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru