Ini Pemenang Lelang 2 Blok Migas Terbaru RI, Ada "Raksasa"?

Jahziel

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja mengumumkan pemenang Penawaran Langsung dua Wilayah Kerja (WK/ Blok) Migas Tahun 2022.

Pemenang lelang kedua blok migas tersebut yakni Konsorsium PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Rukun Raharja Tbk sebagai pemenang WK Jabung Tengah dan Blue Sky Paus Ltd sebagai pemenang WK Paus.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menyampaikan dengan penetapan dua pemenang lelang blok migas tersebut, maka total keseluruhan komitmen pasti selama tiga tahun mencapai US$ 31.207.600 dan total bonus tanda tangan sebesar US$ 350.000.

"Pemerintah berharap dengan ditetapkan pemenang lelang ini dapat memberikan kontribusi terhadap ketahanan energi ke depan. Kami mengimbau kepada pemenang lelang agar bisa melakukan komitmen pasti sebaik-baiknya," kata dia dalam konferensi pers.

Adapun komitmen pasti WK Jabung Tengah yakni sebesar US$ 16.550.000 dan bonus tanda tangan sebesar US$ 150.000. WK Jabung Tengah sendiri memiliki luas area 8.728,34 km2.

Wilayah kerja ini terletak di darat dan laut mencakup wilayah Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Adapun WK ini mempunyai potensi sumber daya minyak dan gas bumi kurang lebih sebesar 200 juta barrels oil equivalent.

Sementara, nilai investasi dari komitmen pasti WK Paus sendiri yakni sebesar US$ 14.657.600 dan bonus tanda tangan sebesar US$ 200.000. WK Paus diketahui berada di di Laut Natuna Timur dengan luas wilayah 8.214 km2 dan memiliki estimasi sumber daya gas bumi sebesar 2,5 triliun kaki kubik (TCF).

Di saat yang sama, Tutuka juga membeberkan bahwa saat ini juga masih terdapat lelang yang masih berjalan dimana untuk Lelang Penawaran Langsung yaitu WK Sangkar, Peri Mahakam dan Bunga serta untuk Lelang Reguler yaitu WK Bose.

Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dilakukan melalui website online lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas.

Sementara itu, pada tahun 2022 telah ditandatangani 5 Kontrak Kerja Sama (KKS) hasil lelang wilayah kerja yaitu Kontrak Kerja Sama Agung I, Agung II, North Ketapang dan Bertak Pijar Puyuh dan Bawean. Selain itu juga tengah disiapkan 5 KKS lagi yang merupakan hasil lelang Wilayah Kerja Migas tahun 2022.

"Dengan penandatanganan kelima kontrak kerja sama tersebut, serta beberapa penetapan pemenang hasil lelang Wilayah Kerja, tentu menjadi sebuah indikator yang baik bagi Pemerintah bahwa industri hulu minyak dan gas bumi masih memiliki peluang besar untuk dikembangkan serta memiliki daya tarik yang tinggi bagi investor," ujar Tutuka.

Adapun untuk tahun 2023, Pemerintah saat ini sedang menyiapkan 6 WK yang berpotensi untuk dapat ditawarkan diantaranya yaitu WK Seuramoe, Berkah, Arwana, Serpang, Akia dan Melati. Tutuka menegaskan bahwa Indonesia masih memiliki potensi migas yang melimpah untuk mendukung kebutuhan energi.

Dengan potensi tersebut, Pemerintah mengundang calon investor dan perusahaan migas yang memiliki kapabilitas serta memenuhi syarat dapat bekerja sama mengembangkannya, serta mengundang para penyedia teknologi untuk mendukung pengembangan sektor hulu migas.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru