Pemko Batam Siapkan Kelanjutan Sejumlah Proyek Fisik Tahun 2023

Wulandari Astiani

Pemko mempersiapkan kelanjutan pengerjaan proyek fisik di 2023 mendatang. Sejumlah proyek fisik yang direncanakan sepanjang 2022 sudah rampung dikerjakan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam, Yumasnur, menyebut proyek prioritas pelebaran jalan yang dilanjutkan tahun depan di antaranya penambahan lajur jalan dari Pollux Habibie menuju Masjid Agung Batamcenter.

Selain itu, proyek depan Tiban Center juga masih akan dilanjutkan tahun depan. Karena tahun sudah dilakukan penataan, pengaspalan, hingga pemasangan lampu lalu lintas (Traffic light).

Selain itu lahan untuk pelebaran jalan sudah dirapikan, dan bebas dari berbagai bangunan yang bisa mengganggu pelebaran di tahun 2023.

Yumasnur menyebutkan pengerjaan jalan yang juga dilanjutkan pengerjaannya adalah Bengkong Seken, dan sejumlah titik di wilayah Batuaji, serta sekitarnya.

“Proyek fisik sudah disusun untuk tahun depan. Kami berharap awal tahun bakal dilelang, sehingga bisa segera dikerjakan,” ujarnya.

Yumasnur menambahkan ada beberapa proyek yang sudah selesai dikerjakan, dan sudah masuk tahap pembayaran. Ditargetkan sebelum akhir tahun selesai semua untuk pengerjaan di tahun 2022 ini.

Salah satu pengerjaan proyek yang sudah selesai dikerjakan dan masuk tahap finalisasi adalah Bundaran Tembesi yang saat ini sudah menunggu proses pembayaran. Begitu juga dengan penataan dan pelebaran jalan di Tiban Princess atau Tiban Center, yang masih akan dilanjut tahun depan.

Yumasnur mengungkapkan seluruh pengerjaan proyek berjalan lancar tahun ini. Meskipun ada beberapa kendala seperti cuaca bisa diatasi dengan baik, dengan optimalisasi pengerjaan.

Ia menjelaskan, pengerjaan proyek tahun ini juga melihat sisi prioritas dari proyek infrastruktur tersebut.

Yumasnur menyebutkan tahun depan pengerjaan infrastuktur masih menjadi prioritas. Ia menambahkan rencana ini bisa berjalan didukung ketersediaan anggaran di tahun 2023.

“Semoga tidak ada yang ditunda, dan yang direncanakan semua berjalan dengan baik,” tutupnya.

Editor: Anindita Sekar

artikel terbaru