Musrenbang di Marina Green Tanjung Uncang, Walikota Rudi Bawa Kabar Gembira untuk Masyarakat

Fikriani

Meski diguyur hujan, Wali Kota Batam Haji Muhammad Rudi tetap turun langsung ke pelosok pemukiman warga untuk mengikuti musrenbang Kelurahan Tanjung Uncang di Perumahan Marina Green. Dia pun mengambil kesempatan tersebut untuk meninjau kondisi fasilitas umum dan berdialog dengan warga setempat.

Jalan yang ditempuh Wali Kota Rudi menuju lokasi musrenbang memang cukup memprihatinkan. Guyuran hujan beberapa hari belakangan membuat jalan masuk ke perumahan tersebut becek dan licin. Terlebih sebagian besar masih berupa jalan tanah dan sebagian besar lagi jalan yang sudah dibeton berlubang dan rusak.

Sejumlah warga yang antusias menerima tawaran berdialog yang dibuka Wali Kota Rudi, mayoritas mengeluhkan persoalan jalan masuk dan jalan lingkungan pemukiman mereka. Sedangkan sebagian lagi ada yang meminta dibangun sekolah SMK, batu miring, jaringan air bersih, dan soal legalitas lahan fasilitas umum (fasum).

“Kami mohon sekali Pak, jalan ke pemukiman kami ini segera diaspal. Kami mohon sekali Pak,” ungkap seorang tokoh masyarakat setempat.

Menanggapi antusias warga bertanya dan menyampaikan usulan, Wali Kota Rudi tampak sabar dengan tetap melemparkan senyum khasnya. Dia pun menjawab satu per satu pertanyaan warga dengan jelas dan tegas.

Untuk jaringan air bersih, Rudi yang juga Kepala BP Batam mengakui jika kondisi pipa SPAM Batam sudah banyak yang tua. Saat ini pihak SPAM sudah mulai melakukan lelang kegiatan untuk perbaikan titik-titik jaringan yang mendesak untuk diperbaiki.

“Ibu dan bapak sabarlah. Saya tak akan biarkan bapak dan ibu sengsara persoalan air ini. Saya selalu memikirkan bagaimana masalah-masalah ini bisa selesai segera,” tegasnya.

Wali Kota Rudi juga memaparkan tentang pembangunan Kota Batam secara menyeluruh. Terutama pembangunan jalan, Bandara Hang Nadim dan Pelabuhan Batu Ampar.

“Kita juga akan membangun kereta api cepat LRT. Ini upaya kita menjadikan Batam Kota Baru yang moderen. Bagi saya, sungguh suatu kebahagiaan melihat Bapak dan Ibu gembira,” ungkapnya disambut tepukan warga.

Terkait usulan jalan dari warga, Rudi yang memang mempersilakan pimpinan OPD menyampaikan tanggapan, langsung mendapatkan jawaban mengembirakan. Perwakilan Dinas Bina Marga menegaskan bahwa semenisasi jalan ke pemukiman warga tersebut akan segera dibangun tahun ini.

“Kami sedang dalam proses untuk tender. Insya Allah tahun ini segera dibangun. Anggarannya sudah tersedia,” jelas pejabat tersebut yang disambut tepuk tangan meriah.

Sebelumnya Lurah Tanjung Uncang Tengku Akbar menyampaikan bahwa untuk tahun anggaran 2024, pihaknya mengajukan usulan 30 paket kegiatan PSPK (pembangunan sarana prasarana kelurahan) dan 10 paket kegiatan non-PSPK.

“Sebagian besar usulan non-PSPK kami adalah semenisasi jalan dan pembangunan drainase. Kami mohon ini dibahas dan diakomodir OPD,” pinta Lurah Tengku.

Editor: M Aditya

artikel terbaru