Kemenag Kota Batam Gelar Kegiatan Pembangunan Budaya Kerja dan Pola Pikir Pegawai

Irvan Noor

Kantor Kementerian Agama Kota Batam lolos penilaian pendahuluan Calon Pilot Project WBK (Wilayah Bebas Korupsi) Pembangunan Zona Integritas tahun 2023. Kabar melegakan ini diumumkan oleh TPP (Tim Penilai Pendahuluan) Biro Ortala Kemenag RI.

Sebagai langkah persiapan menghadapi penilaian selanjutnya, Kementerian Agama Kota Batam melalui Pokja Area Managemen Perubahan pada Kamis 2 Maret 2023 melaksanakan kegiatan Pembangunan Budaya Kerja dan Pola Pikir Pegawai. Kegiatan dilaksanakan secara luring dan daring dengan menghadirkan 2 orang narasumber yakni Kepala Kantor Kemenag Kota Batam H. Zulkarnain melalui zoom meeting dan Pengawas Madrasah Kemenag Kota Batam Jufriyatun.

Kegiatan dibuka oleh Kasubbag TU Magdalena Silfia. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pembangunan budaya kerja dan pola pikir pegawai penting artinya demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan untuk meraih kesuksesan dalam tugas dan tanggungjawab sebagai ASN. Kesuksesan merupakan akibat dari adanya mindset atau cara berpikir yang kuat untuk mencapai tujuan serta impian dengan menerima tantangan yang ada, terus bertahan untuk menghadapi tantangan, berusaha pantang menyerah untuk menuju keahlian, belajar dari kritikan dan umpan balik serta menjadikan kesuksesan orang lain menjadi pelajaran dan inspirasi. 
Selain itu, perlunya adanya tindakan yang nyata dalam mengeksekusi impian tersebut yang dilakukan secara terus-menerus secara efektif dan efisien.

"Jadi kegiatan ini sangat penting artinya bagi kita pegawai, ASN di lingkungan Kementerian Agama Kota Batam" ungkapnya.

Sementara itu Esther Sri Liasna, Ketua Pokja Area Managemen Perubahan mengungkapkan bahwa salah satu kunci keberhasilan Pembangunan Zona Integritas adalah perubahan pola pikir dan budaya kerja dalam bekerja dan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Perubahan pola pikir dan budaya kerja adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mengubah pola pikir anggota menuju ke arah yang lebih baik serta mewujudkan budaya kerja di Satker sehingga tercipta lingkungan kerja yang benar-benar bebas korupsi dan berkinerja baik,” ujar Esther.

Editor: Hikmat Rabbbani

artikel terbaru