Capai 95% Kepesertaan Program JKN, Batam, Anambas dan Natuna Raih UHC Awards 2023

Abdul Khoir

Tiga kabupaten kota di Provinsi Kepri yaitu Batam, Anambas, dan Natuna berhasil menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Penghargaan ini diberikan langsung Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada Bupati atau Walikota atas pencapaian kepesertaan masyarakat dalam program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di Balai Sudirman Jakarta, pada Selasa (14/3/2023).

Sekedar informasi, Universal Health Coverage diberikan kepada daerah yang berhasil mendorong kepersertaan masyarakatnya di program JKN minimal mencapai 95% dibandingkan jumlah penduduk.

Pada kesempatan itu Kepala BPJS kesehatan Cabang Tanjungpinang, Fauzi Lukman Nurdiansyah mengungkapkan angka kepesertaan Kota Batam mencapai 95,6%. Kemudian untuk Kabupaten Natuna dan Anambas hingga bulan Maret ini pencapaiannya hampir menyentuh 100%.

“Dengan status UHC yang diraih tiga daerah ini maka mendapatkan keuntungan yaitu setiap warga didaftarkan oleh pemdanya maka saat itu juga langsung aktif dan bisa digunakan,” ujarnya seperti dikutip batampos.co.id pada Rabu (15/3/2023).

Tak dipungkiri, masih ada beberapa daerah yang belum mencapai target kepesertaan. Diantara adalah Kabupaten Karimun 87,55%, Kabupaten Bintan 93,11%, Kabupaten Lingga 93,15%, Kota Tanjungpinang 92,42%, dan untuk Provinsi Kepri yakni 94,30%.

Senada akan hal itu, Bupati Anambas Abdul Haris mengatakan program JKN akan dilaksanakan berkelanjutan setiap tahunnya demi menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam bekerja.

“Masyarakat Anambas yang didominasi oleh nelayan, tentu akan banyak resiko yang terjadi saat melaut. Kondisi semacam ini pemerintah daerah harus hadir memberikan sentuhan langsung untuk masyarakat,”ungkapnya seperti dikutip rri.co.id pada Selasa (14/3/2023).

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru