Setahun Beroperasi, Taman Rusa Sekupang Batam Tambah Dua Fasilitas Baru

Abdul Khoir

Sejak diresmikan pada bulan Maret 2022 oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, Taman Rusa Sekupang ini, telah menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi masyarakat kota Batam untuk melepas lelah.

Taman ini menawarkan keteduhan dan keindahan yang memanjakan mata. Hal ini terlihat dari banyaknya pepohonan besar dan rimbun yang mengelilingi area Taman Rusa Sekupang.

Pada Jumat (17/03/2023) lalu, Taman Rusa Sekupang merayakan ulang tahun pertamanya. Acara ini dimeriahkan oleh beberapa agenda di antaranya senam pagi bersama para pegawai BP Batam, pelepasan kura-kura, pelepasan ikan koi, hingga peresmian taman edukasi.

Demi meningkatkan daya tarik wisata, Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengungkapkan kedepannya pihaknya tetap akan mendukung pengembangan Taman Rusa melalui berbagai inovasi.

"Selamat ulang tahun untuk taman rusa. Terus berinovasi dan kembangkan kreativitasnya. Karena ini semua, untuk masyarakat Batam dan luar Batam,"katanya seperti dikutip batamnews.co.id pada Jum’at (17/3/2023).

Pada perayaan ulang tahun pertamanya itu, Taman Rusa melakukan peresmian dua fasilitas baru, yakni kolam koi dan taman edukasi.

Melihat banyaknya pelajar serta masyarakat umum yang mengunjungi Taman Rusa di akhir pekan menjadi acuan dibangunnya taman edukasi.

Di taman edukasi tersebut ada pembelajaran mengenai teknik budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, parawatan tanaman langka, cara membuat pupuk kompos, sawah, sistem daur ulang air hingga listrik dari tenaga surya.

Taman Rusa kedepannya juga akan dilengkapi dengan coffe shop atau coffe corner. Pembangunan fasilitas coffe shop itu dilakukan setelah adanya masukan-masukan dari pengunjung Taman Rusa dalam setahun ini.

"Nah ini kita akan coba buka coffe shop atau coffe corner yang bisa memberikan kelengkapan untuk semua dalam keluarga. Baik itu untuk kalangan milenial dan orang tua,"kata Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Sekedar informasi, Taman Rusa Sekupang terletak di kawasan Sekupang, berseberangan dengan Guest House Sekupang di Jalan RE. Martadinata. Taman ini memberikan akses kemudahan bagi masyarakat yang berkunjung. Hal ini karena Taman Rusa Sekupang menggunakan rute yang sama dengan Rumah Sakit BP Batam (RSBP Batam).

Taman Rusa Sekupang awalnya bernama Pusat Kebugaran Persatuan Istri Karyawan Otorita Batam (PIKORI). Bangunan ini dulunya diresmikan pada tanggal 1 April 2000. Pada masanya, Fasilitas jogging track sepanjang 1 kilometer, bangunan serbaguna untuk kegiatan gymnasium serta olahraga badminton juga sudah tersedia.

Dalam perkembangannya, fasilitas pusat kebugaran tersebut menambah satwa rusa di sekitar jogging track dan pada tahun 2008. Sehingga berganti nama menjadi Taman Rusa. Pengembangan Taman Rusa yang signifikan dimulai pada peresmian pertama pada tahun 2000 dan peresmian kedua pada tahun 2022.

Biaya masuk Taman Rusa Sekupang juga sangat terjangkau. Pada hari Senin hingga Jumat, baik pengunjung dewasa, anak-anak dan pelajar dikenakan tarif Rp 5.000,-  

Sedangkan pada akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, untuk pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp 10.000,- dan untuk pengunjung anak-anak dan pelajar dikenakan tarif Rp 5.000.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru