Bandara Hang Nadim Batam, Buka Rute Penerbangan Batam-Bandung Tanpa Transit

Abdul Khoir

Sebagai bentuk dukungannya dalam pengembangan industri pariwisata lintas domestik, Bandara Internasional Hang Nadim, melalui PT Bandara Internasional Batam (BIB) menambahkan rute penerbangan baru yakni Batam-Bandung.

Rute yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu ini akan mempermudah masyarakat Batam yang hendak ke Bandung, begitu pun sebaliknya tanpa harus transit di Jakarta.

Dirut PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah yang ditemui pada Minggu (19/3/2023), mengatakan pihaknya juga akan menambahkan rute lain yang menghubungkan antar pulau.

“Sebentar lagi rute ke Balikpapan kemudian Bali serta rute lainnya. Kita (BIB) ingin menghubungkan semua rute di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa,”ujarnya seperti dikutip Batam Pos pada Senin (20/3/2023).

Rute penerbangan Batam-Bandung ini menggunakan maskapai Super Air Jet. Corporate manager Super AirJet, Reza Noviandri menjelaskan, penerbangan itu telah resmi dibuka sejak Jumat, 17 Maret 2023 dengan menggunakan pesawat Super Air Jet tipe pesawat A320-200. 

Penumpang mendapatkan gratis bagasi 2 kg untuk yang melakukan check in via aplikasi. “Harganya kisaran angka Rp 1 jutaan. Ada free bagasi 2 kg untuk yang check-in online,”katanya seperti dikutip Tempo.co pada Minggu (19/3/2023).

Dari segi penumpang, BIB juga mencatat peningkatan jelang beberapa memasuki bulan Ramadhan. Namun tren nya saat minggu kedua sedikit menurun, dan meningkat kembali jelang Lebaran 2023.

 “Peningkatan sekitar 18 sampai 20 persen dari tahun sebelumnya. Rata-rata perharinya saat ini mencapai 10 sampai 11 ribu penumpang,”pungkasnya.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru