Kanwil Kemenag Kepri Gelar Rapat Indek Kerukunan Umat Beragama Secara Virtual

Airlangga Gandhi

Pada tahun 2023 ini, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali akan melakukan survei Indek Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Provinsi Kepulauan Riau. Tahun sebelum 2022, Indek KUB di Provinsi Kepri terbaik 1 nasional dengan nilai 85.7. Tahun ini mudah mudahan peringkat tersebut bisa dipertahankan. Demikian harapan dari Kanwil Kemenag Kepri Utha Cuandra saat memimpin rapat Indek KUB secara virtual melalui zoom meeting, Ahad 26 Maret 2023.

Rapat tersebut diikuti oleh perwakilan dari Kemenag Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

Utha Cuandra menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini akan turun dari tim dari BRIN ke 4 Kabupaten Kota yang ada di Kepri yakni Kota Batam, Tanjungpinang, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Kepulauan Anambas. Kedatangan Tim dari BRIN tersebut dalam rangka untuk mengukur tingkat kerukunan umat beragama yang ada di provinsi Kepri. 

Sama halnya seperti tahun sebelumnya dimana setiap kabupaten Kota akan diambil sampel sebanyak 100 responden secara acak melalui sistem. Setiap 10 responden akan ada 1 orang enuminator. Enuminator ini adalah petugas lapangan yang akan membantu peneliti untuk mencari data para responden.

"Saya berharap tahun ini, Kepri kembali bisa mempertahankan peringkat pertama nasional Indek KUB," harapnya.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru