MIN 2 Bintan Gelar Pesantren Ramadan pada Hari Kelima Ramadan 1444 H

Wulandari Astiani

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Bintan menggelar kegiatan Pesantren Ramadhan pada hari kelima Ramadhan 1444 H. Kepala MIN 2 Bintan, Asra mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang moderasi beragama, saling menghargai, memiliki pemahaman yang benar tentang agama sekaligus pembentukan karakter.

Asra menjelaskan kegiatan pesantren Ramadan ini di mulai pada jam 08.00 wib s.d selesai. Salat zuhur dan diikuti oleh seluruh siswa dari kelas I s.d kelas VI.  Khusus siswa kelas I dan II akan dipulangkan sampai jam 10.00 wib, sedangkan kelas lainya sampai selesai salat zuhur.

 Adapun rangkaian kegiatannya adalah salat Dhuha berjemaah, pemberian materi. tadarus Al-Qur’an, dan salat zuhur berjamaah.

“Kepada seluruh siswa kita akan melaksanakan Pesantren Ramadan sampai tiga hari ke depan yang agendanya sudah diatur, pagi kita mulai dengan salat Dhuha nanti ada materi yang di sampaikan oleh pak Budiyanto terkait dengan moderasi beragama kemudian di hari kedua terkait dengan pembentukan karekter yang disampaikan oleh ibu Fitri Handayani. Terus ada juga game-game yang akan didapatkan oleh anak-anak yang dipandu oleh panitia,” kata Asra.

“Selanjutyna setelah itu ada program dari kita pembacaan Al-Quran selama tiga hari ke depan kita akan dibentuk sepuluh kelomok untuk membaca Al-Quran, targetnya hari pertama sepuluh juz begitu juga dengan hari-hari berikutnya mudah-mudahan di hari ketiga kita bisa khatam Al-Quran. Ramadan adalah syahrul quran bulan diturunkanya Al-Quran, maka interaksi kita dengan Quran sangat perlu, karena nilai di dalamnya begitu banyak. Ganjaran-ganjaran pahala yang akan kita dapatkan dan juga sebagai bukti cinta kita dengan Al-Quran,”  terang Asra.

Dilanjutkan pada hari kedua Pesantren Ramadan dimonitoring oleh Pengawas Madrasah RA/MI, Ida Nuryati dari Kemenag Kabupaten Bintan. Dalam kesempatan tersebut, Ida memberikan motivasi kepada seluruh siswa MIN 2 Bintan tentang keutamaan berpuasa di bulan suci Ramadan bulan yang penuh ampunan dan maghfirah ini.

Pada hari ketiga pelaksanaan Pesantren Ramadan kegiatanya yaitu khatam quran dan pembacaan doa yang dipandu oleh Misdiyanto.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru