Masjid Muhammad Cheng Hoo Batam, Hadirkan Arsitektur Unik Bernuansa Tiongkok

Abdul Khoir

Selain kuliner, dan pemandangan alamnya yang indah, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) juga memiliki destinasi wisata religi dengan arsitektur nuansa Tiongkok. Salah satu bangunan unik tersebut bernama Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Terletak di kawasan Golden Prawn, Kecamatan Bengkong, Masjid Muhammad Cheng Hoo ini dibangun pada tahun 2015 silam oleh seorang pengusaha Batam yang akrab disapa Abi. Penamaan Masjid Muhammad Cheng Hoo ini sebagai upaya mengenang sejarah perjalanan seorang Laksamana Tiongkok dan anak buahnya ke Indonesia yang membawa ajaran Islam.

Masjid Cheng Ho Kota Batam ini dibangun di atas tanah seluas 80×80 Meter, dengan luas bangunannya sendiri hanya 20×30 Meter saja. Cukup kecil untuk ukuran kapasitas lebih kurang 200 jemaah, namun masjid ini cukup ramai digunakan jemaah warga sekitar untuk beribadah.

Adanya masjid ini membuktikan akulturasi antara budaya China, Islam dan Indonesia terjalin begitu erat di Kota Batam.

Seperti diketahui, Laksamana Cheng Hoo membawa misi pengembangan agama islam dengan berlayar ke Indonesia. Berlayar dari negeri Tiongkok, Cheng Ho memimpin ekspedisi, dan membawa lebih kurang 27.000 anak buahnya. Perjalanan ke Indonesia sebanyak tujuh kali di tahun 1461.

Namanya juga tercatat pernah singgah di Aceh, Palembang, dan beberapa tempat di Pulau Jawa. Cheng Hoo merupakan seorang Muslim serta anak dari Haji Ma Ha Zhi. Ibunya berasal dari marga Oen (Wen) Tiongkok.

Tak hanya warga lokal Batam saja, warga dari negara tetangga seperti Malaysia, Singapura bahkan Cina juga sering menjadikan Masjid ini sebagai destinasi wisata favorit mereka.

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru