Kemenag Expo 2023 Ditutup, Begini Harapan Kakanwil

Gethya Nabilla

Kemenag Expo 2023 telah resmi ditutup oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI Nizar Ali di kawasan Welcome to Batam (WTB). Pada momen tersebut Mahbub Daryanto selaku Kakanwil Kemenag Kepri dan pegiat acara menyampaikan beberapa hal dan harapan.

“Tahun ini adalah tahun kedua Kemenag Expo digelar di laman Welcome to Batam. Tanah ini milik Kementerian Agama, insyaallah nanti akan dimanfaatkan. Insyaallah lokasi ini akan ditata lagi untuk menjadi sentra halal bagi pelaku usaha UMKM, dan sebagai tempat berkumpulnya UMKM dalam rangka mendukung target 1 juta sertifikasi halal di tahun 2023 dan 10 juta sertifikasi halal hingga 2024 di seluruh Indonesia,” kata Mahbub.

Disampaikannya juga, selama Kemenag Expo berlangsung, Kanwil Kemenag Kepri juga membuka layanan sertifikasi halal melalui Bus Tanjak Corner. Kedepannya, Kemenag Expo ini akan menjadi agenda rutin tahunan.

Pada penutupan Kemenag Expo yang sudah diadakan selama 10 hari awal Ramadan 1444 H itu, Mahbub meminta kepada Sekjen Kemenag RI untuk sekaligus meresmikan inovasi layanan drive thru sertifikasi halal bagi warga Batam di lokasi WTB.

“Kami juga meminta Pak Sekjen untuk meresmikan layanan drive thru berupa kontainer yang akan memfasilitasi pelayanan sertifikasi halal gratis. Layanan ini ada hingga malam hari dan berada di tempat keramaian (di WTB),” lanjutnya.

Di hadapan Sekjen, Mahbub menerangkan tema Kemenag Expo yang diangkat adalah Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat. Ini disejalankan dengan pencapaian skor indeks kerukunan umat beragama tahun 2022 Provinsi Kepri tertinggi se-Indonesia.

“Tema yang diangkat sesuai dengan skor indeks kerukunan di Provinsi Kepri yaitu 85.78%, tertinggi se-Indonesia. Semoga bisa bertahan di tahun ini. Tentunya ini butuh dukungan dari para tokoh agama. Setelah lebaran (Idulfitri 1444 H) akan dibentuk perkumpulan ibu-ibu lintas agama, agar bersama-sama bisa menjaga kerukunan umat beragama dan menggelorakan moderasi beragama di Kepri,” harapnya yang kemudian disambut riuh tepuk tangan.

Terakhir, Mahbub mengucapkan terima kasih kepada Pemko Batam yang telah memberikan bantuan insentif kepada para pegiat keagamaan. Ia berharap kedepannya bantuan yang diberikan lebih masif lagi.

Kegiatan Kemenag Expo ini didukung oleh FOZ (Forum Organisasi Zakat) yang terdiri dari LAZ dan BAZNAS Provinsi Kepri dan Kota Batam, travel umrah, dan ponpes melalui hebitren. Hadir pada kegiatan ini Sekjen Kemenag RI, Sekda Batam, Ketua Ormas Agama, Ketua STAIN SAR, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, Kepala KUA, dan jajaran DWP.

Hadir juga saat itu siswa-siswi MI, MTs, MA pemenang festival lomba selama giat Kemenag Expo 2023 berlangsung. Di akhir acara kemudian dilaksanakan pengumuman juara lomba dan penyerahan hadiah.