Sekjen Resmikan Drive Thru Layanan Sertifikasi Halal di Kota Batam

Resta Apriatami

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI Nizar Ali meresmikan drive thru layanan sertifikasi halal gratis (Sehati) di laman Welcome to Batam. Peresmian ini bertepatan dengan momentum penutupan giat Kemenag Expo 2023 yang digagas oleh Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau.

Peresmian dilakukan dengan menandatangani plakat batu oleh Nizar Ali. Kemudian dengan didampingi oleh Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto, dirinya melihat ke dalam kontainer drive thru berukuran kecil dan dicat warna hijau yang nantinya akan diisi oleh pendamping proses produk halal (PPH) untuk melayani pelaku usaha yang ingin melakukan sertifikasi halal produknya.

Nizar menanyakan peran petugas sertifikasi halal dalam drive thru tersebut dan bagaimana proses pelayanan yang diberikan. Dijawab oleh Sekretaris Satgas Halal Provinsi Kepri, Titik Hindon, drive thru ini untuk melayani pendaftaran sertifikasi halal baik self declare maupun reguler.

"Nantinya para pelaku usaha yang datang akan dilayani langsung oleh petugas yang dijadwalkan dari para pendamping PPH yaitu para Penyuluh Agama islam yang sudah mengikuti pelatihan. Hal ini dilaksanakan untuk memberdayakan dan memaksimalkan peran penyuluh di masyarakat dan juga melaksanakan tusinya," jelas Titik yang kemudian ditanggapi oleh Sekjen dengan satu kata "Sip".

Sebagai informasi, layanan drive thru sertifikasi halal untuk memaksimalkan target layanan sertifikasi halal di Kepri, khususnya Kota Batam. Masyarakat Batam yang tidak dapat berkunjung ke Kantor Kemenag Batam di Kecamatan Sekupang dapat mendatangi kontainer drive thru ini. 

Sejak dimulai tahun 2020 hingga April 2023, layanan sertifikasi halal self declare di Provinsi Kepri mencapai 3.106 layanan. Terjadi peningkatan signifikan di awal tahun 2023 yakni 1.045 layanan di triwulan pertama. Sedangkan pada tahun 2020 ada 200 layanan, 2021 ada 221 layanan, dan 2022 ada 1.640 layanan. Sedangkan untuk layanan reguler dari 2020 sampai dengan sekarang jumlah layanan yaitu 1.165 sehingga total layanan adalah 4.261.

Editor: M Aditya

artikel terbaru