PC BKMT Meral Barat Gelar Acara Santunan Yatim Piatu, Fakir dan Dhuafa Disejalankan Khataman Al-Qur'an

Pangestu Abi

PC BKMT Meral Barat menggelar acara Santunan Yatim Piatu, Fakir dan Dhuafa Disejalankan Khataman Al-Qur'an serta tausiah agama oleh Drs. H Zulfan Batu Bara pada Minggu 2 April 2023/11 Ramadhan 1444 H di Masjid Baitul Jamil Kelurahan Darussalam, Kecamatan Meral Barat.

Mengangkat tema "Luruskan Niat, Semangat Menumbuhkan Ihsan, Iman, dan Islam dalam Ketaqwaan", kegiatan ini dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Karimun Bapak Raja Raffi dan Ibu Sri Rezeki SH, Camat Meral Barat, Pokjaluh, LAM, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, TPPKK Kecamatan, Pengurus Daerah Kabupaten yang di mewakili ibu Nurmawati, Imam Masjid Baitul Jamil, Pengurus Masjid Baitul Jamil, PCBKMT Meral Barat, Ketua Permata dan Ketua perwiridan se Kecamatan Meral Barat dan anggota, peserta Khataman Al Qur'an serta anak-anak penerima santunan.

Laporan Panitia yang disampaikan oleh Ketua BKMT Kecamatan Meral Barat Ibu Kusri Rohayati dalam mukadimah memberikan salam, mengucapkan terimakasih kepada semua para undangan yang hadir dalam acara santunan bulan suci Ramadhan, dan tidak lupa juga terimakasih di ucapkan kepada segenao PCBKMT Meral Barat, Ketua Permata, Ketua perwiridan beserta anggota yang sudah menyisihkan sebagian besar rezekinya untuk santunan yatim, yatim-piatu, piatu, fakir miskin dan kaum dhuafa.

"Bapak ibu para undangan bahwasanya untuk kita ketahui bersama sumber dana yang terkumpul berasal dari Infaq PCBKMT sebesar Rp. 3.100.000. Infaq perwiridan Rp. 7.805.000, Gerakan sedekah subuh PCBKMT Meral Barat Rp. 9.020.000, Sumbangan Bupati Karimun Rp. 5.000.000, Sukarela PCBKMT Meral Barat Rp. 4.500.000, Sumbangan Ibu Dewan Rp. 1.000.000. Jumlah yang terkumpul sebesar Rp  29.925.000. Dari dana yang terkumpul disalurkan kepada anak yatim piatu, fakir dan dhuafa sebanyak 142 orang." Ucap Ibu Kusri Rohayati.
 
"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi. Kalau bukan kita, siapa lagi yang perduli.
Bersyukurlah menjadi manusia pilihan Allah SWT untuk berbuat kebaikan sesuai sabda Rasulullah Saw yang artinya: "Orang-orang yang memelihara anak yatim di antara umat muslimin memberikan mereka makan dan minum pasti Allah SWT memasukkannya ke dalam surganya Allah, kecuali ia melakukan dosa yg tidak bisa di ampuni;(HR Tarmidzi Ibnu Abbas)." Tambah Ketua BKMT Kecamatan Meral Barat yang juga Penyuluh Agama Islam.

Selanjutnya sambutan dari Camat Meral Barat Bapak Isnaidi MMp. beliau mengucapkan terimakasih kepada PCBKMT Meral Barat yang sudah mengundang dalam acara santunan. Beliau mensupport setiap kegiatan yang diadakan oleh PCBKMT Meral Barat, beliau mengapresiasi jalannya kegiatan acara yang berlangsung ,"teruslah berbuat kebaikan dan sukses selalu untuk semua." Ucapnya.

Adapun sambutan PDBKMT Kabupaten Kairmun yang diwakili Ibu Nurmawati dalam mukadimah, beliau mengucapkan terimakasih kepada PCBKMT Meral Barat yang sudah mengundang. Beliau mengatakan kirim salam dari ibu Ketua PD BKMT yang masih dalam perjalanan umrah. Di hari dan tanggal yg sama PCBKMT se pulau Karimun (BKMT Kecamatan Karimun, Kecamatan Meral, Kecamatan Meral Barat, dan Kecamatan Tebing) serentak mengadakan santunan dan khataman Al Qur'an. Jadi PDBKMT berbagi tugas menghadiri undangan di masing-masing PCBKMT. Beliau mengapresiasi jalannya acara santunan PCBKMT Meral Barat."Teruslah berjalan selagi bermanfaat bagi yang lainnya. Semoga BKMT Meral Barat terus maju jaya untuk semua sukses dunia akhirat." Pesannya.

Sementara itu Drs. H Zulfan Batu Bara dalam tausiahnya mengucapkan terimakasih kepada PCBKMT Meral Barat yang sudah mengundang dalam acara santunan anak yatim, fakir dan dhuafa ini. Ia juga menyampaikan bahwa di bulan yang mulia, bulan suci Ramadhan ini menyantuni anak-anak yatim, yatim-piatu, piatu, fakir dan dhuafa adalah perbuatan yg sangat mulia di mata Allah.

"Tapi jangan hanya di bulan suci Ramadhan saja, buatlah juga di bulan - bulan yang lainnya. Setiap perbuatan baik dan mulia akan mendapat ganjaran sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 220 yg artinya:"Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah memperbaiki keadaan mereka adalah baik." Terang H. Zulfan Batubara.

"Dari kedua hadits tersebut bisa diambil kesimpulan umum bahwa menyantuni anak yatim akan mendapatkan balasan di syurga sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Ma'un bahwa:"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?! Maka itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak mendorong memberi makan orang muslim." Tambah H. Zulfan Batubara.

Terakhir, ia juga berpesan agar selalu menjaga silaturahmi agar terhubung dan terjaga komunikasi yang baik sesuai sabda Rasulullah Saw yang artinya:"Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir" hendaklah menyambung tali silaturahmi

artikel terbaru