Kepala Kemenag Bintan Hadiri Penutupan Expo Ramadan Kemenag Kepri 2023

Gethya Nabilla

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin menghadiri kegiatan penutupan Expo Ramadhan Kemenag Kepri 2023 di dataran Welcome to Batam.

Expo Ramadhan 2023 sendiri sudah berjalan selama 10 hari dan secara resmi ditutup oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag RI, Prof. Dr. Nizar Ali. Giat ini sudah berlangsung selama 10 hari sejak tanggal 24 Maret s.d. 2 April 2023.

Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali mengapresiasi gelaran khas Kepri yang menurutnya tiada duanya. “Kegiatan ini tiada duanya di Kantor Kemenag se-Indonesia, khas Kepri, ini memiliki makna penting karena sebagai ajang mendekatkan diri jajaran Kemenag kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu produk dan prestasi yang dicapai Kemenag, dan upaya apa yang dilakukan dalam pelayanan kepada masyarakat, terutama terkait sertifikasi halal,” kata Nizar Ali.

Nizar menambahkan, Kemenag melalui BPJPH merilis program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) dalam beberapa tahun terakhir. Program Sehati adalah bentuk perhatian Kemenag sebagai pengejawantahan hadirnya negara di tengah masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin di lokasi yang sama mengatakan Program Sehati adalah bukti kepedulian Kemenag kepada pelaku usaha kecil yang membutuhkan kepastian kehalalan produknya. Ketika produk pelaku usaha mendapatkan sertifikasi halal maka akan berbeda di mata konsumen, karena berbanding lurus dengan oplah (keuntungan) penjualan yang diperolehnya.

Kantor Kemenag Bintan turut berpastisipasi dalam Expo Ramadhan selama sepuluh hari dengan menampilkan produk unggulan dari wilayah Bintan. Stand Kemenag Bintan selama expo menghadirkan berbagai makanan olahan dari Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan Utara, dan Bintan Timur yang semunya telah tersertifikat halal.

“Selain Kemenag, dari Bintan juga turut serta stand bazar dari MAN Bintan dan MTs Negeri Bintan. Peserta lomba juga kami datangkan dari MTs Miftahul Ulum Kawal,” ucapnya.

“Sesuai dengan tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat, Expo Ramadhan telah menghadirkan warna-warni umat beragama, tiap Kankemenag Kabupaten/Kota hadirkan keunikan tersendiri. Jadi expo ini tidak sekadar pameran kegiatan tetapi sebagai sarana informasi kepada publik tentang prestasi Kementerian Agama, termasuk prestasi dari madrasah,” imbuhnya.

Pada stand Kemenag Bintan juga tersaji berbagai informasi tentang pelayanan Kementerian Agama yang dibutuhkan masyarakat. Erman mengatakan berbagai festival bagi pelajar sudah digelar mulai tingkat RA/TK s.d. MA/SMA pada kegiatan ini antara lain, festival Desain Busana Muslim, Pildacil, Syarhil Qur'an, Tari Kreasi Melayu, Mewarnai, Fashion Show, dan Hadrah Show.

Editor: Anindita Sekar

artikel terbaru