Kepala Kemenag Bintan Apresiasi Kenaikan Indeks Kerukunan di Kepulauan Riau

Ica Juniyanti

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, H. Erman Zaruddin mengapresiasi atas kenaikan indeks kerukunan di Kepulauan Riau tahun 2022. Sebagaimana rilis indeks kerukunan nasional Kementerian Agama, pada tahun 2022, indeks kerukunan di Kepulauan Riau mencapai 85.78, naik dari angka tahun 2021 sebesar 76.20.

Erman Zaruddin menjelaskan, indeks kerukunan di sebuah provinsi tentu saja merupakan hasil pengukuran yang dilakukan secara holistic di seluruh Kabupaten /Kota se Kepulauan Riau, termasuk di Bintan.

Erman menegaskan pembangunan nasional tidak bisa diraih secara maksimal jika tidak ada kerukunan. Oleh karena itu presiden menetapkan tahun 2023 ini sebagai tahun kerukunan dengan Provinsi Kepri sebagai pilot projectnya karena sudah mencapai indeks kerukunan tertinggi.

“Saya harap ini bisa dipertahankan, jika perlu menjadi role model bagi wilayah lain dalam memelihara kerukunan. Kerukunan umat bisa diraih dengan cara bagaimana memahami dan mengamalkan moderasi beragama, yakni tidak ekstrem dan tidak liberal, kata kuncinya adalah adil dan berimbang,” ungkapnya.

Erman mengatakan, indeks kerukunan tertinggi yang diraih Kepri mempunyai arti bahwa Kepri telah berhasil mengimplementasikan moderasi beragama. Ia menerangkan indikator moderasi beragama adalah memiliki wawasan kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan adaptif terhadap budaya lokal.

Erman menambahkan pihaknya telah melakukan berbagai upaya dalam penguatan moderasi beragama di Kabupaten Bintan. Penguatan moderasi beragama telah dilakukan kepada seluruh guru, penyuluh agama non PNS, pengurus FKUB, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Bahkan menurutnya penguatan moderasi beragama telah dilakukan terhadap pemangku Lembaga Adat Melayu Bintan. “Terkahir kami melakukan penguatan moderasi beragama bagi 50 pasangan keluarga Kristen di Bintan,” ujarnya.

“Jika berkaca pada rata-rata indeks kerukunan nasional yang 74, maka Kepri jauh berada di atas rata-rata nasional. Untuk mempertahankan indeks kerukunan pada level masyarakat agar dapat dipertahankan dengan baik, Kantor Kemenag Bintan akan terus bekerjasam dengan rumah moderasi yang ada di STAIN SAR Kepri untuk meningkatkan kualitas pemahaman moderasi beragama kepada masyarakat secara massif dan semua jajaran Kemenag Bintan memahami dan mengimplementasikan moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya.

Apresiasi juga diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Nizar Ali saat menutup rangkaian Expo Ramadhan 2023 di Batam. Dalam momen tersebut, Nizar memberi apresiasi kepada jajaran Kemenag di Kepri bersama pemerintah daerah yang berhasil mencapai indeks kerukunan umat beragama tertinggi nasional tahun 2022 dengan angka 85.78.

“Angka (indeks) ini tingginya luar biasa, membuktikan betapa masyarakat yang dibina oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pejabat saling bahu-membahu mengawal kerukunan dengan baik, sesuai tema kegiatan ini Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat,” tuturnya.

artikel terbaru