Puluhan CJH Bintan Jalani Saudi Visa Bio

Cristian Greitfal Malok

Calon Jemaah Haji (CJH) asal Bintan yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah Al Muqaramah di musim Haji 1444 Hijriah, sedang menjalani kepengurusan 'Saudi Visa Bio'. 

Aplikasi 'Saudi Visa Bio' ini untuk memberikan kemudahan mengurus visa dan kecepatan pemeriksaan jemaah saat tiba di Arab Saudi. Visa Bio diterapkan terhadap jemaah haji Indonesia tahun 2023. 

"Saat ini sudah ada 20 orang jemaah yang sudah siap. Sisanya masih melakukan kepengurusan," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bintan, Erman Zaruddin, Senin (3/4/2023). 

Direncanakan, CJH Bintan yang berangkat ke tanah suci sebanyak 62 orang. Namun demikian, untuk pelunasan pembayaran keberangkatan belum dilakukan, karena menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementrian Agama RI. 

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada pengumuman pelunasan dari Kementrian Agama," harapnya. 

Sementara, untuk kegiatan manasik haji bersama Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bintan, rancangannya sudah disusun sebanyak 2 kali. Namun, masih menunggu juknis dan anggaran yang dikucurkan. 

"Rencananya ada 2 kali kegiatan manasik di kantor Kemenag. Kemudian, ditingkat Kantor Urusan Agama di masing-masing wilayah sebanyak 8 kali," terangnya. 

Jemaah haji konfirmasi pelunasan Kabupaten Bintan sebanyak 59 jemaah dan cadangan 8 jemaah. Sampai saat ini calon jemaah haji yang sudah menyelesaikan visa bionya sebanyak 32 jemaah.

Data verifikasi awal Jumlah calon jemaah haji kabupaten Bintan tahun 1444 H/2023 M tersebar di 8 Kecamatan diantaranya  Kecamatan Bintan Timur sebanyak 36 jemaah, Bintan Utara 9 jemaah, Gunung Kijang 2 jemaah, Toapaya 2 jemaah, Teluk Bintan 4 jemaah, Teluk Sebong 4 jemaah, Seri Kuala Lobam 1 jemaah dan Tambelan 1 jemaah ditambah 1 TPIHI, 1 TKHD, dan 1 TPHD dengan total jemaah 62 jemaah,” pungkasnya.

Editor: Gethya Nabilla

artikel terbaru