Parman Efendi: Alquran Mukjizat Terbesar Sepanjang Masa

Gethya Nabilla

Memberikan tausiyah ba’da Zuhur di Musala Al Muhajirin Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Staf Seksi Bimas Islam Kemenag Bintan, Parman Efendi mengatakan Alquran merupakan mukjizat terbesar bagi umat manusia karena berlaku sepanjang masa sampai akhir dunia.

Hal tersebut dikatakan Parman Efendi ketika memberikan tausiyah ba’da Zuhur, Selasa, 4 April 2023.

“Sementara mukjizat pada nabi yang lain hanya berlaku saat itu saja. Misalnya Nabi Musa bisa membelah laut Merah untuk menyelamatkan Musa dan umatnya berlaku pada itu saja. Mukjizat adalah kejadian luar biasa yng dialami oleh Nabi dan Rasulullan sebagai tanda kerasulan dan biasanya untuk mengalahkan musuhnya,” ujarnya.  

Parman menjelaskan Alquran diturunkan Allah dari Lauhul Mahfudz ke Sidratul Muntaha secara sekaligus. Tetapi diturunkan kepada umat manusia melalui Rasulullah secara bertahap selama 22 tahun dan 2 bulan.

“Cara ayat Alquran diturunkan kepada Rasulullah melalui berbagai metode, bisa melalui mimpi dan lain-lain. Alquran diturunkan di tengah bangsa Arab yang piawai dalam kesustraan berupa syair. Dengan datangnya Alquran maka mengalahkan syair-syair Arab sebelumnya,” ujarnya.

“Alquran tidak bisa ditambah atau dikurungi hurufnya karena akan mengubah maknanya. Banyak manusia yang mencoba untuk meniru Alquran tetapi belum ada yang mampu. Bukan saja pada masa lampau tetapi upaya itu tetap ada hingga saat ini. Alquran itu dijaga oleh Allah SWT. Justru ada orang yang ingin meniru Alquran banyak yang menjadi pemeluk agama Islam,” imbuhnya.

“Dan karena Ramadhan adalah bulan Alquran, di bulan Ramadhan optimalkan untuk memperbanyak membaca Alquran karena akan menjadi pertolongan kita di akhirat kelak,” pungkasnya.

artikel terbaru