6 Manfaat Bagi Tubuh Jika Teratur Berolahraga

Abdul Khoir

Ada beberapa cara dalam menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga rutin. Kegiatan olahraga secara teratur membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan metabolisme, dan menjaga keseimbangan hormonal, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan yang optimal.

Olahraga memberikan asupan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Ketika jantung dan paru-paru sehat, kamu pun akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. 

Olahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan memperbaiki kualitas tidur, yang keduanya berkontribusi pada kesehatan yang baik.

Selain itu, manfaat olahraga secara teratur adalah untuk menjaga kesehatan mental. Olahraga telah terbukti efektif dalam mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan kesejahteraan emosional secara keseluruhan. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi risiko gangguan mood.

Tentu saja, penting untuk diingat bahwa olahraga tidak selalu harus berat atau intens. Bahkan, aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau yoga juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan jika dilakukan secara teratur. Dengan mengintegrasikan olahraga secara teratur ke dalam rutinitas harian, dapat menjadi upaya yang efektif untuk memelihara kesehatan fisik dan mental. Dilansir Liputan6.com, berikut ini manfaat olahraga secara teratur yang dirangkum dari beberapa sumber;

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Olahraga secara teratur dapat membantu memperkuat jantung dan paru-paru. sehingga kedua organ ini dapat bekerja lebih efisien. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Otot

Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk membantu memperkuat tulang dan otot, sehingga rangkaian alat gerak manusia ini dapat bekerja lebih baik dan lebih tahan lama. Olahraga dapat membantu mencegah keropos tulang, terutama pada orang yang lebih tua, dan juga dapat membantu mencegah cedera otot dan tulang.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Olahraga secara teratur terbukti dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas. Olahraga membakar kalori dan lemak, sehingga dapat membakar lebih banyak kalori daripada yang masuk kedalam tubuh. Ini dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan yang ideal.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan mood dan rasa percaya diri. Ini dapat membantu seseorang  merasa lebih bahagia dan sehat secara keseluruhan.

5. Membangun Komunitas Sehat

Olahraga dan aktivitas fisik bisa menjadi cara menyenangkan untuk membangun komunitas sehat. Aktivitas fisik dapat membantu kamu terhubung dengan keluarga atau teman yang punya minat sama terkait aktivitas fisik.

Mengikuti kelas dansa, trekking, bergabung dengan klub yoga, bisa menjadi cara menarik bertemu dengan teman-teman baru yang memberikan warna dan semangat dalam menjalani hidup.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Sebab, aktivitas fisik dapat menambah kekuatan, keterampilan, dan stamina. Sedikit banyak ini membangun rasa percaya diri, penerimaan diri, dan membuat kamu merasa lebih bangga atas pencapaianmu. 

Selain itu, menjalankan perilaku hidup sehat juga merupakan cara agar kita semua mampu terhindar dari berbagai penyakit kronis, baik penyakit menular maupun penyakit tidak menular.

Apabila mengalami cedera saat olahraga, segera hentikan kegiatan dan beristirahat. Jika ada keluhan kesehatan lainnya, kunjungi fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Editor: Abdul Khoir

artikel terbaru